Meski Ukurannya Mungil, Biji Wijen Punya Segudang Manfaat untuk Tubuh

Meski Ukurannya Mungil, Biji Wijen Punya Segudang Manfaat untuk Tubuh

Taburan biji wijen kerap kita temui di berbagai masakan, seperti di atas roti burger, gimbab, salad, onde-onde, dan lain sebagainya. Namun, jangan remehkan ukuran wijen ya. Meski ukurannya mungil, kamu dapat menggunakan biji lezat ini untuk meningkatkan asupan nutrisi, lho.

Untuk diketahui, biji wijen memiliki nilai gizi tinggi dan menawarkan banyak manfaat kesehatan yang dapat membantu mencegah penyakit serta meningkatkan kondisi kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat biji wijen pada kesehatan jika dikonsumsi secara teratur:

Biji Wijen (KlikDokter)

1. Sumber vitamin B yang baik

Biji wijen merupakan sumber vitamin B yang baik, yang didistribusikan baik dalam lambung. Vitamin B sendiri berperan penting untuk banyak proses dalam tubuh, termasuk fungsi sel yang tepat dan metabolisme.

Tiga sendok makan (30 gram) biji wijen yang dikuliti mengandung 19% B1, 8% B3, dan 14% B6.

2. Sumber serat yang baik

Tiga sendok makan (30 gram) biji wijen yang tidak dikupas mengandung 3,5 gram serat, yang merupakan 12% dari Referensi Asupan Harian (RDI).

Serat sendiri sudah dikenal untuk mendukung kesehatan pencernaan. Selain itu, semakin banyak bukti menunjukkan bahwa serat mungkin berperan dalam mengurangi risiko penyakit jantung, kanker tertentu, obesitas, dan diabetes tipe 2.

3. Mengontrol gula darah

Biji wijen rendah karbohidrat juga tinggi protein dan lemak sehat yang semuanya dapat mendukung kontrol gula darah.

Selain itu, biji ini mengandung pinoresinol, senyawa yang dapat membantu mengatur gula darah dengan menghambat aksi enzim pencernaan maltase. Maltase memecah gula maltosa, yang digunakan sebagai pemanis untuk beberapa produk makanan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"