Meski Tidak Rasional, Kenapa Ya Banyak orang yang Masih Percaya Tahayul? Ini 3 Alasannya

Meski Tidak Rasional, Kenapa Ya Banyak orang yang Masih Percaya Tahayul? Ini 3 Alasannya

Sampe detik ini, masih banyak orang yang percaya dengan berbagai tahayul. Padahal orang-orang menyebut jaman ini sebagai era digital, tapi kenapa ya masih banyak yang percaya tahayul?

Beberapa tahayul yang dipercaya antara lain benda-benda unik yang mendatangkan keberuntungan. Atau percaya akan sial jika melakukan sesuatu.

Kenapa ya, meski gak rasional tapi banyak orang percaya tahayul? (freepik.com)

Semua tahayul itu sebenarnya emang gak masuk akal. Bahkan tidak rasional gengs. Karena tahayul adalah kepercayaan dan praktik yang tampaknya tidak ada penjelasan rasionalnya.

Tahayul sendiri adalah hasil kepercayaan pada bukti superior dan supernatural tertentu. Bahwa ketika kita melakukan atau tidak melakukan sesuatu dapat menyebabkan keberuntungan atau kemalangan dalam hidup kita.

Terus, apa yang bikin banyak orang saat ini tetap percaya pada tahayul meski tidak rasional? Ada beberapa alasan nih gengs.

Pertama, rasa takut. Banyak tahayul yang berasal dari ketakutan manusia akan hal-hal yang tak diketahui dan tidak pasti. Makanya, tahayul dilihat sebagai upaya manusia untuk mengatasi stres yang terkait dengan ketakutan itu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"