Meski Cuma Bercanda, Ini 3 Alasan Kenapa Kamu Nggak Boleh Mengejek Fisik Orang Lain

Meski Cuma Bercanda, Ini 3 Alasan Kenapa Kamu Nggak Boleh Mengejek Fisik Orang Lain

Kadang orang tuh suka lupa kalau bercanda pun ada batasannya. Memang banyak hal lucu di dunia ini yang bisa ditertawakan. Tapi kayaknya enggak termasuk soal fisik dan penampilan orang lain deh. 

Namanya fisik orang tuh emang udah dari sananya berbeda-beda. Begitu juga sola penampilan, selera kamu belom tentu disukain orang lain. Gaya berpakaian yang orang lain suka dan nyaman, belum tentu cocok sama kamu. 

Lagian, nggak pernah ada standar atau aturan resmi tentang kayak apa sih fisik dan tampilan yang paling baik dan benar di dunia ini. Ya kan? Malah, bercandaan kamu jatohnya sih masuk body shaming dan itu jahat lho! 

Terus kenapa sih sebaiknya kamu nggak ngejekin fisik dan penampilan orang lain? Meskipun menurutmu itu lucu dan niatnya cuma bercanda, tiga hal ini bisa jadi dampak dari body shaming~ 

Orang lain bisa tersinggung

Orang lain bisa tersinggung Dampak mengejek fisik (infosurabaya.id)

Ngatain orang lain gendut kayak gajah, kurus kayak kurang gizi, pendek kayak minion, tinggi kayak tiang listrik, menor kayak badut, pucat kayak mayat, keriting kayak mie instan, rambut warna-warni kayak kemoceng, dan bla bla bla mungkin kedengarannya lucu ya? 

Iya konteksnya emang cuma bercandaan. Tapi apa kabar dia yang dikatain sepeti itu?  Bukan nagga mungkin, dia bisa tersinggung lho. Dan nggak enak banget lho rasanya ketika fisik seseorang diejek kayak gitu. 

Padahal, di balik semua tampilan fisik itu mungkin aja kamu nggak tahu kondisi aslinya orang itu. Misalnya nih, orang itu jadi gendut karena memang lagi ada masalah kesehatan atau udah berjuang mati-matian buat kurus tapi ya belum berhasil. 

Orang yang kurus pun udah berusaha naikin berat badan dan segala cara dicoba tapi ya memang tetap kurus.

Dia bisa jadi nggak percaya diri

Dia bisa jadi nggak percaya diri Dampak mengejek fisik (nationaleczema.org)

Dampaknya apa? Ya minimal percaya dirinya menurun drastis lah. Misalnya, temanmu yang kurus suka banget pakai baju longgar biar kelihatan berisi. Eh, malah dikatain kayak kelelep di dalam baju. Padahal, kalau pakai baju ketat atau pas badan pun, diakatain cungkring. Serba salah ya?

Terus, ada temanmu yang lain suka pakai baju minim. Kamu ngerasa nggak suka karena biasa tertutup, lalu malah ngejekin dia dengan penampilannya. 

Bukan berarti dia harus ngkutin apa yang kamu mau lho. Selera orang berbeda dan nggak bisa dipaksain. Emang kamu pun mau ngikutin apa yang orang lain pengen? 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"