Merinding! Para Ilmuwan Bangkitkan Kembali 13 Virus Zombie, Usianya Mencapai 50 Ribu Tahun

Merinding! Para Ilmuwan Bangkitkan Kembali 13 Virus Zombie, Usianya Mencapai 50 Ribu Tahun

Para ilmuwan dari Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis menjelaskan jika mereka telah menghidupkan kembali virus zombie yang usianya mencapai 50 ribu tahun.

Dari ketiga belas varian virus yang ditemukan pada 7 sampel berbeda di permafrost Siberia, ilmuwan menjelaskan jika salah satunya ada virus zombie dengan usia puluhan ribu tahun.

Menurut laman Metro, seorang ahli mikrobiologi,  Jean-Marie Alempic, mengungkapkan jika virus tersebut dapat menular walaupun telah bersemayam pada permafrost selama lebih dari 485.00 tahun lamanya.

Ilustrasi zombie (cnn indonesia)

Virus DNA besar ini disebut bisa menginfeksi Acanthamoeba atau genus ameba yang biasa terdapat di tanah, air tawar maupun habitat lain.

Jean-Marie Alempic menjelaskan jika sebagian besar virus tersebut akan diusulkan menjadi bagian dari virus Pandoraviridae yang memiliki DNA beruntai ganda dan dapat menginfeksi amuba.

Tetapi hal ini masih bersifat tentatif dan perlu analisis lebih lanjut agar bisa dilakukan lebih banyak informasi yang kuat.

"Berapa lama virus ini dapat tetap menular setelah terpapar kondisi luar ruangan (sinar UV, oksigen, panas), dan seberapa besar kemungkinan mereka akan bertemu dan menginfeksi inang yang sesuai dalam interval tersebut, belum mungkin diperkirakan," seperti yang tertulis dalam penelitian.

Penelitian tersebut menambahkan jika virus-virus tersebut bakal menginfeksi lagi seiring perubahan glester yang mencair. Maka itu, menghidupkan kembali virus ini adalah bentuk persiapan kemunculan virus tersebut yang tertidur puluhan tahun.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"