Merinding! Mumi Berusia 3000 Tahun Ini Bisa Bersuara, Kira-Kira Dia Bilang Apa Ya?

Merinding! Mumi Berusia 3000 Tahun Ini Bisa Bersuara, Kira-Kira Dia Bilang Apa Ya?

Mungkin semua orang udah tahu kalau mumi adalah mayat yang diawetkan agar bentuknya tetap terjaga. Setelah ngelewatin proses mumifikasi, mayat-mayat ini bisa bertahan sampai ribuan tahun. 

Tapi tau nggak sih kalau ada mumi yang udah berusia 3000 tahun dan bisa mengeluarkan suara? 

Penelitian di Inggris

Penelitian di Inggris Ilustrasi mumi Nesyamun (time.com)

Bukan mistis, sebab suara yang keluar dari mumi bernama Nesyamun ini memang merupakan projek penelitian oleh sejumlah ilmuwan dari Universitas of London. Hasil penelitiannya diterbitkan dalam jurnal ilmiah berjudul “Synthesis of a Vocal Sound from the 3,000 year old Mummy, Nesyamun 'True of Voice’.”

Menurut penuturan salah satu ilmuwan, David Howard, suara Nesyamun bisa terdengar karena laringnya berfungsi lagi. Laring ini adalah saluran pernapasan dan memiliki jaringan pita suara, biasa disebut voice box. 

Jadi, alat CT Scan digunakan untuk memvisualisasikan laring dan tenggorokan Neysamun yang akan dilihat di layar monitor. Nah, dari visualisasi ini, para ilmuwan bisa menciptakan versi 3D dari suara si mumi. 

Setelah suara Nesyamun mulai kedengeran, tim peneliti langsung menggunakan pengeras suara. Bukan sembarang pengeras suara, yang ini udah disematkan aliran suara 3D dan dihubungkan ke komputer buat ngebentuk gelombang elektronik

Suara mumi berusia 3000 tahun

Meski bersuara, si mumi ini nggak lantas jadi bisa ngomong panjang lebar ceritain kisa hidupnya ya. Soalnya, para ilmuwan ini juga memang cuma mencipatkan satu suara vokal. 

Kira-kira suara apa sih yang keluar dari mumi berusia 3000 tahun ini?

Mumi Nesyamun ini terdengar ngeluarin suara ah, eh, dan dua kata mirip bahasa Inggris, yaitu bad dan bed. 

Kata sang peneliti, suatu hari nanti sangat memungkinkan banget kalau Nesyamun bisa mengeluarkan kata-kata lain yang mirip bahasa manusia. Woah, kira-kira nanti apa yang bakalan diomongin ya sama mumi ini? 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"