Tak Lulus SD dan Putuskan Jadi TKW, Kini Wanita Ini Jadi Miliarder hingga Punya Rumah 27 Kamar

Tak Lulus SD dan Putuskan Jadi TKW, Kini Wanita Ini Jadi Miliarder hingga Punya Rumah 27 Kamar

Siapa bilang untuk jadi orang sukses harus sekolah tinggi dengan sederet gelar yang diraih? Mungkin hal itu benar, tapi nggak 100% kesuksesan di raih dari bangku pendidikan aja, kok. 

Apalagi saat kamu membaca kisah Tenaga Keja Wanita (TKW) yang sukses memiliki bisnis catering haji dan cemilan Indonesia ini. Nggak cuma sukses dalam berbisnis makanan, bahkan namanya sudah terkenal di kota Mekah, Madinah, dan juga Jeddah.

Wanita bernama Risma tersebut mengaku tidak lulus SD, akan tetapi penghasilannya 1 Juta Real atau sekitar Rp3,7 Miliar pada saat melayani catering haji plus di tahun 2010 silam. 

Sayang usaha cateringnya harus terhenti karena pandemi. Namun Risma tak menyerah, ia justru mulai membuka usaha camilan. Usaha camilannya sendiri sudah masuk ke semua toko camilan Indonesia di Arab Saudi. Bisnisnya tersebut sudah memproduksi 33 jenis camilan.

"Nggak ada lulus SD, saya hanya lulus kelas 5 SD. Dulu saya tidak melanjutkan sekolah karena ekonomi. Sekarang saya sudah mempunyai tiga anak," ungkap Risma dilansir dari akun Youtube Faiz Slamet, Kamis (6/1/2021).

Risma, TKW Sukses yang Tak Lulus SD dan Kini Jadi Miliarder (YouTube)

Dalam video yang berdurasi kurang lebih 20 menit ini ia enggan menjelaskan penghasilan yang diperolehnya dari bisnis camilan. 

"Omzet camilan ini nggak menentu, kita sementara ini ada pemasukan karena untuk mengisi waktu selama pandemi," ujarnya.

"Cita-cita saya ingin membangun lembaga aja di Indonesia. Lembaga seperti pondok pesantren dan yatim piatu ada cita-cita seperti itu," ucap Risma lagi.

Risma mengatakan semua karyawannya ia buatkan kamar khusus agar nyaman dalam bekerja. Faiz pun bertanya ke salah satu karyawan Risma mengenai sosok sang bos.

"Alhamdulillah baik Masya Allah, gaji sekitar Rp15 juta per bulan tergantung laris atau nggaknya. Saya kerja sama istri saya. Kalau laris ditambah gajinya," ucap salah satu karyawan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"