Menteri di Korea Selatan Mengundurkan Diri Lantaran Anak Memanfaatkan Jabatannya untuk Memperoleh Pekerjaan

Menteri di Korea Selatan Mengundurkan Diri Lantaran Anak Memanfaatkan Jabatannya untuk Memperoleh Pekerjaan

Kim Jin-kook, sekretaris senior presiden untuk urusan sipil, pada hari Selasa, 21 Desember 2021 lalu mengajukan pengunduran dirinya setelah diketahui bahwa putranya telah berusaha menggunakan posisi Kim untuk mencari pekerjaan, kata para pejabat.

“Presiden Moon menerima pengunduran diri Kim Jin-kook,” kata Park Soo-hyun, sekretaris senior komunikasi publik Cheong Wa Dae. "Belum ada diskusi tentang penggantinya."

Kim Jin-kook mengundurkan diri (www01.koreaherald.com

Kim mengeluarkan permintaan maaf, dengan mengatakan, "Di atas segalanya, saya sangat meminta maaf karena menyebabkan kekhawatiran kepada orang-orang."

“Saya merasa kurang sebagai seorang ayah. Saya pikir itu salah saya karena putra saya bertindak tidak pantas,” tambahnya.

Pengunduran diri Kim terjadi setelah penyiar lokal MBC melaporkan bahwa putranya diduga memanfaatkan posisi Kim dalam melamar pekerjaan.

Dalam aplikasi ke perusahaan konsultan, putra Kim menulis di resume: "Ayah saya adalah Kim Jin-kook, sekretaris presiden senior untuk urusan sipil." 

Dia juga menulis: "Ayah saya akan banyak membantu," "Saya akan memberi tahu ayah saya untuk mewujudkan impian perusahaan ini," dan "Percayalah. Aku tidak berbohong.”

# Mendaftar ke Lima Perusahaan

Dilaporkan bahwa Kim mengajukan lamaran pekerjaan yang sama ke lima perusahaan, dan semua perusahaan tersebut telah menghubunginya untuk wawancara.

Kim junior menjelaskan kepada MBC bahwa dia kemudian menarik resume itu dan tidak diwawancarai untuk peran itu. Dia mengatakan dia kemudian mendapat pekerjaan di sebuah perusahaan IT dengan "resume yang tepat."

Kim berkata, “Saya seharusnya tidak (melakukannya), tetapi saya benar-benar minta maaf,” menambahkan, “Saya sangat ingin mendapatkan pekerjaan.”

Kim Jin-kook mengatakan putranya telah menerima perawatan setelah dia menunjukkan gejala kecemasan dan gangguan obsesif-kompulsif.

“Tidak ada alasan untuk sesuatu yang seharusnya tidak terjadi. Saya dengan tulus meminta maaf,” kata Kim Jin-kook.

# Bukan Kali Pertama Pejabat Korsel Mendapat Masalah Karena Anak Mereka

Semua pendahulu Kim juga pernah menghadapi kritik atas berbagai skandal, dan telah terlibat dalam serangkaian tuduhan dan spekulasi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"