Mengenang Jejak David Prowse, Pemeran Darth Vader 'Stars Wars' yang Kini Tutup Usia

Mengenang Jejak David Prowse, Pemeran Darth Vader 'Stars Wars' yang Kini Tutup Usia

Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Hollywood nih, gengs. Kali ini, aktor David Prowse dikabarkan meninggal dunia, pada Minggu (29/11) lalu. 

Kabar meninggalnya David Prowse ini diketahui dari unggahan di akun Twitter Bowington Management, agensi yang menaunginya.

"Dengan berat hati, dan rasa sedih yang menyakitkan hati kami serta jutaan penggemar lainnya di seluruh dunia. Kami mengumumkan jika klien kami, Dave Prowse M.B.E, telah meninggal dunia di usia 85 tahun," tulis Bowington Management.

Sebelumnya, David Prowse dikabarkan sempat sakit sebelum meninggal dunia. Bahkan, pada tahun 2018 lalu, David Prowse harus menjalani perawatan rutin untuk pengobatan kanker prostat yang ia derita.

Nama David Prowse dikenal sebagai salah satu bintang papan atas Hollywood. Namanya melejit berkat perannya sebagai Darth Vader di trilogi 'Stars Wars'.

David Prowse, Berperan sebagi Darth Vader 'Stars Wars' (NewsATW)

Sebelum menjadi seorang aktor, pria kelahiran 1935 itu sempat menjadi seorang binaraga di Inggris. Dave pun sudah tiga kali menjadi juara di tingkat nasional dan mewakili Inggris untuk ajang Commonwealth Games pada 1962.

Posturnya yang tinggi besar itu pun menarik perhatian sejumlah sineas kala itu. Pemuda kelahiran Bristol itu pun ditawari untuk tampil dalam sejumlah film dan salah satu peran perdananya adalah menjadi sosok Frankenstein di film garapan Hammer Studios.

Sebelum berkarier di layar lebar, David Prowse juga sudah membintangi berbagai acara televisi populer. Acara yang pernah ia bintangi di antaranya 'A Clock Orange', 'Doctor Who' dan 'Little House on The Praire'.

Sutradara Star Wars, George Lucas, pun kepincut usai menyaksikan penampilan singkat Dave Prowse di A Clockwork Orange. Ia pun mengajak pria dengan tinggi badan hampir 2 meter itu untuk mengikuti casting sebagai Darth Vader atau Chewbacca.

Pilihan Dave pun jatuh pada Darth Vader. Dalam wawancaranya bersama BBC, ia mengatakan alasannya memilih tokoh tersebut karena 'kalian selalu ingat dengan tokoh penjahat'.

Namun sayangnya penampilan fisik dan akting Dave Prowse belum cukup untuk menutupi aksennya tersebut. Ia kerap kesulitan mengucapkan dialog tanpa menggunakan aksen khas daerah Inggris Barat tersebut sehingga membuat George Lucas menambahkan seorang dubber bernama James Earl Jones untuk seluruh dialognya.

Selain itu Dave Prowse juga tampil dengan helm khasnya pada seluruh film Star Wars yang membuatnya jadi kurang populer dibandingkan bintang-bintang Star Wars seperti Mark Hamil. Hal tersebut agak disesali olehnya.

"Aku bisa berjalan di publik dan benar-benar tak dikenali. Semua aktor (di Star Wars) menjadi terkenal dan aku ingin mendapatkannya seperti halnya Luke Skywalker dan Han Solo. Keberuntungan biasanya mengikuti ketenaran," ujarnya pada The Associated Press pada 1980.

Meski begitu Dave Prowse berhasil mewujudkan dan menjadi cikal bakal akan tokoh Darth Vader. Sang sutradara pun memujinya dan menyebutkan jika Dave adalah satu-satunya orang yang terlintas dipikirannya yang pantas untuk memvisualkan fisik dari karakter tersebut.

Tidak hanya dikenal sebagai aktor papan atas, David Prowse juga disebut sebagai selebriti yang aktif kegiatan sosial. Bahkan, pada tahun 2000 lalu, David Prowse mendapat gelar kehormatan dari Ratu Elizabeth.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"