Mengenal Tradisi Jauhar, Wanita India Bakar Diri Demi Jaga Kehormatan

Mengenal Tradisi Jauhar, Wanita India Bakar Diri Demi Jaga Kehormatan

Lebih baik mati terhormat, daripada hidup menanggung malu dan derita. Hal inilah yang menjadi latar belakang tradisi "bunuh diri" di berbagai negara menjadi legal untuk dilakukan. 

Dalam budaya yang lebih menghargai kehormatan daripada kehidupan, bunuh diri menjadi jalan keluar yang paling mereka sukai.

Dari Seppuku Jepang, hingga bunuh diri massal orang Yahudi di Masada, versi bunuh diri demi kehormatan telah tercatat di berbagai negara di seluruh dunia sejak beberapa abad yang lalu.

Salah satunya yang terjadi di India Utara, kelas penguasa Rajput telah lama mempraktikkan versi unik bakar diri mereka sendiri yang disebut Jauhar.

Jauhar atau Johar atau disebut pula Juhar ini berasal dari bahasa Sansekerta "jau" berarti hidup dan "har" adalah kekalahan merupakan tradisi bakar diri massal dalam agama Hindu oleh perempuan di India, untuk menghindari penangkapan, perbudakan dan pemerkosaan oleh penjajah, ketika menghadapi kekalahan tertentu saat perang.

Proses pelaksanaan Jauhar adalah sebagai berikut:

Malam sebelum apa yang dianggap sebagai kekalahan tertentu, mereka akan mengenakan pakaian pernikahan mereka, mengumpulkan anak-anak mereka ke dalam pelukan dan melompat ke dalam api ketika para pendeta bernyanyi di sekitar mereka.

Api dianggap memurnikan para wanita, yang rela bunuh diri dan keluarganya daripada menghadapi perbudakan atau pemerkosaan, sehingga memastikan garis keturunan bangsawan tidak akan pernah tercemar. 

Keesokan harinya, orang-orang itu akan menandai dahi mereka dengan abu dan menuju pertempuran dan kematian. 

Jauhar berbeda dari kebiasaan Sati yang kontroversial (memaksa seorang janda untuk melompat ke tumpukan kayu pemakaman suaminya), dalam hal itu Jauhar bersifat sukarela, dan dipandang oleh para wanita lebih suka bertahan hidup dan tidak terhormat.

Salah satu insiden Jauhar yang tercatat paling awal terjadi sejak invasi Alexander Agung, ketika 20 ribu penduduk satu kota di India Utara begitu putus asa saat mendengar tentang mendekatnya orang Makedonia, sehingga mereka membakar seluruh kota mereka dan melemparkan diri mereka sendiri ke dalam api bersama dengan keluarga mereka daripada risiko perbudakan.

Jauhar yang paling terkenal dalam sejarah India terjadi pada abad ke-14 selama pengepungan Benteng Chittorgarh oleh tentara Muslim Sultan Alauddin Khilji.  

Invasi yang dipimpin Sultan Alauddin Khilji dikarenakan  keinginannya memperoleh Padmavati. Perang pun kemudian pecah, kedua belah pihak saling bertempur memperebutkan Rajputana.

Lantas Jauhar terjadi ketika ribuan wanita Rajput mengikuti contoh ratu legendaris Padmavati dan bunuh diri sebelum benteng jatuh ke tangan musuh. Insiden itu segera menjadi legenda, dan diagungkan sebagai perilaku teladan bagi wanita Rajput.

Awal mulanya, Istana Chittor melihat tiga kejadian Jauhar oleh wanita Rajput. Paling banyak diketahui adalah cerita Jauhar Rani Padmavati pada tahun 1303. 

Lainnya terjadi pada tahun 1535 ketika Bahadur Syah dari Gujarat mengepung istana yang berada di bawah Rani Karnavati, yang melakukan jauh setelah itu tentara Rajput kemudian menjalankan ritual Saka.

Abu'l Fazl, salah satu cendikiawan India abad pertengahan yang paling terkenal, menulis di Ain-i-Akbari tentang pengepungan ketiga Chittor pada tahun 1567 dan Jauhar yang terjadi saat itu.

Ratu Padmavati selalu menjadi sosok penting di antara Rajput, yang telah menginspirasi puisi dan karya seni yang tak terhitung jumlahnya (meskipun beberapa sejarawan memperdebatkan apakah dia benar-benar ada). 

Versi ceritanya menyatakan, bahwa Sultan memutuskan untuk mengambil alih benteng karena dia telah mendengar tentang kecantikan ratu yang luar biasa dan bertekad untuk memilikinya untuk dirinya sendiri. 

Padmavati, bagaimanapun, mengecohnya dan mempertahankan kehormatannya dengan melakukan Jauhar sebagai gantinya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"