Mengenal Mbah Miskan, Calon Jemaah Haji Tertua Asal Indonesia

Mengenal Mbah Miskan, Calon Jemaah Haji Tertua Asal Indonesia

Harjo Mislan atau Mbah Miskan adalah calon jemaah haji paling tua asal Indonesia. Miskan saat ini berusia 109 tahun. Pria asal Ponorogo, Jawa Timur ini tetap semangat untuk menjalani ibadah haji walaupun usia tak muda lagi.

Miskan tiba di Embarkasi Asrama Haji Surabaya, Jawa Timur sebelum berangkat ke tanah suci pada Kamis (16/5). Keberangkatan Miskan naik haji tak seorang diri karena didampingi oleh anak, menantu, dan besannya. 

Memang terlihat saat berjalan Miskan harus didampingi karena kondisi yang sudah tua. Miskan dulunya adalah pejuang veteran yang pernah berperang melawan penjajah sebelum Indonesia merdeka. Kemudian di hari tuanya ia memilih menjadi petani dan kini banyak di rumah bersama keluarga.

Jemaah Haji Tertua Asal Indonesia (Lentera Today)

Walaupun sudah tua, Miskan masih bisa berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan warga di kampungnya. Ia sering datang ke makam kerabatnya untuk berziarah dan masih rajin berpuasa tiap hari Senin dan Kamis, melakukan salat malam, dan puasa di momen-momen lain.

Dilansir dari Antara, Miskan ternyata sudah melakukan persiapan jelang keberangkatannya ke tanah suci. Tentu ia membutuhkan stamina dan fisik yang prima. Miskan melakukan olahraga untuk kuat menjalani kegiatan haji yang padat di tanah suci.

Miskan pernah ke tanah suci pada tahun 2017 lalu. Namun ia tidak naik haji melainkan ibadah umrah dengan keluarga. Selang beberapa tahun ia mendaftar haji dan baru berangkat pada tahun 2024. Apakah Miskan memiliki doa khusus di tanah suci? Ternyata ia ingin diberikan kesehatan dan panjang umur.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"