Mengenal Lebih Dalam Fungsi Otak Kanan dan Kiri, Kalau Kamu Dominan yang Mana?

Mengenal Lebih Dalam Fungsi Otak Kanan dan Kiri, Kalau Kamu Dominan yang Mana?

Kamu tentu pernah menemui seseorang yang menggambarkan sifat orang lain melalui fungsi otak, entah kanan atau kiri. Nah, berikut adalah penjelasan lebih lengkap, biar kamu makin paham!

Di sekolah, ruang kuliah, atau tempat kerja, kamu tentu pernah mendengar penggambaran seseorang menurut fungsi otak yang paling dominan.

Sering dijelaskan, mereka yang yang lebih dominan otak kirinya konon bakal pintar kala berurusan dengan matematika. Sementara itu, mereka yang unggul fungsi otak kanan bakal lebih kreatif.

Namun, benarkah pendapat itu? Lebih detail, apa saja bagian-bagian otak, fungsi bagian otak tersebut, plus kalo bisa cara mengaktifkannya. Kalo kita bisa memaksimalkan fungsi dari masing-masing bagian, tentu hidup terasa lebih mudah, kan?

Otak kanan dan Otak Kiri (healthline.com)

Nah, buat kamu yang penasaran, berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai otak manusia lengkap dengan cara mengaktifkan bagian-bagiannya. Cekidot, bray.

Apa itu otak manusia?

Pengetahuan yang kita ketahui mengenai otak manusia  dan fungsinya adalah peninggalan Roger Sperry (1913-1994) yang sulit kita balas. Dia adalah neuropsikolog yang menemukan kalo akal manusia ternyata terdiri dari dua bagian.

Menurut Roger Sperry, masing-masing bagian otak memiliki fungsi yang berbeda namun bergantung antara satu dengan yang lain.

Otak manusia (medicalxpress.com)

Otak bagian kanan berfungsi untuk mengontrol otot-otot pada bagian kiri tubuh. Sebaliknya, otak bagian kiri mengontrol otot bagian kanan. Contoh sederhananya, kalo kita mengedipkan mata bagian kanan, artinya otak kiri yang bekerja.

Karena itu pula, kalo sampai ada kerusakan di salah satu sisi bagian otak, maka bakal mempengaruhi bagian tubuh yang berlawanan.

Bagian-bagian otak

Dilansir dari Wikipedia, anatomi otak dewasa terdiri dari beberapa bagian. Bagian-bagian tersebut antara lain Otak besar, Otak Tengah, Otak Belakang, dan Otak Kecil.

Fungsi otak kanan (controlmind.info)

Sementara itu, masing-masing bagian di atas masih terdiri dari beberapa bagian penyusun yang fungsinya sama vitalnya. Kerusakan sedikit bisa mempengaruhi kinerja tubuh secara keseluruhan!

Di sisi lain, Roger Sperry memiliki pendapat lain yang melengkapi anatomi otak manusia di atas. Menurutnya, otak manusia terdiri dari Otak Kanan, Otak Kiri, dan Otak Tengah.

Fungsi Otak Kanan, Kiri, dan Tengah

Dalam penelitiannya mengenai otak manusia, Sperry mengungkapkan kalo masing-masing bagian otak memiliki fungsing sendiri-sendiri.

Dirinya menjelaskan bahwa otak kiri umumnya lebih dominan untuk urusan bahasa, meliputi proses pengolahan dari yang didengar dan menangani sebagian besar tugas berbicara. 

Selain itu, fungsi otak kiri yang lain adalah di bidang logika dan hitungan matematika. Jika kita ingin mengungkapkan fakta, sebut saja gosip, maka otak kirilah yang bakal menarik dari memori kita.

Fungsi otak kanan (nasiloluyo.com)

Sementara itu, otak bagian kanan bertugas untuk kemampuan spasial manusia. Kemampuan ini meliputi antara lain pengenalan wajah dan pengolahan musik.

Fungsi otak kanan sendiri meliputi beberapa fungsi matematika yang terdiri dari perkiraan kasar dan perbandingan. Dan sebagai tambahan, bagian ini ternyata juga membantu manusia untuk memahami citra visual dari apa yang dilihat mata.

Nah, untuk fungsi otak tengah sendiri terbilang cukup krusial. Fungsi otak ini merangkum beberapa fungsi penting lainnya, seperti pendengaran, visual dan gerakan mata.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"