Mengenal Konsep Liburan Staycation, Kayak Gimana Sih?

Mengenal Konsep Liburan Staycation, Kayak Gimana Sih?

Jaman sekarang, ada banyak konsep liburan. Saking banyaknya, ada juga nih yang disebut sebagai 'staycation'. Kalian tau konsep liburan ini?

Kalo pernah denger sih pasti ya, banyak orang sekarang memilih untuk melakukan staycation ini. Jadi, konsep liburan ini nggak harus dilakukan di luar kota atau di luar negeri gengs.

Staycation ... mosok kalian gak tau sih? (eturbonews.com)

Staycation tuh lebih simpel, jadi bisa dilakukan juga di dalam kota kalian.

Staycation sendiri berasal dari kata 'stay' atau menetap, dan 'vocation' atau liburan. Kalo disingkat ya jadi 'staycation' itu. Meski begitu, ada juga yang menyebut konsep liburan unik ini sebagai 'holistay' yang merupakan singkatan dari 'holiday' atau liburan dan 'stay' atau menetap.

Istilah 'staycation' sendiri pertama kali muncul pada tahun 2003. Persisnya saat Amerika Serikat tengah mengalami krisis keuangan.

Pokoknya liburan yang simpel dan hemat deh (azbigmedia.com)

"Menurut Google Dictionary, staycation adlaah liburan yang dilakukan di negara sendiri. Bukan di luar negeri, atau liburan yang dilakukan di rumah dan melibatkan perjalan ke atraksi-atraksi lokal yang berada di sekitar area tempat tinggal, atau dengan kata lain, menjadi turis di kota sendiri," tulis siaran pers Zen Rooms, seperti dikutip dari Kompas.com.

Salah satu keuntungan dari melakukan staycation adalah penghematan bujet wisata. Soalnya, staycation kan nggak perlu membeli tiket moda transportasi seperti pesawat, bus, atau kereta api. Kalo mau, kita juga nggak perlu menyewa kendaraan pribadi juga.

Kalo bisa ngirit, kenapa harus liburan mahal ya kan? (exoticca.com)

Keuntungan lain yang didapat dengan staycation adalah menghemat waktu ketimbang liburan jarak jauh yang memerlukan proses berkemas, proses ke bandara, serta perubahan cuaca atau zona waktu yang bikin tubuh gampang capek.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk staycation mulai dari bersepeda keliling kota, jalan-jalan ke taman, berkunjung ke museum, datang ke festival, atau event tertentu. Kita juga bisa rekreasi di taman bermain, pergi ke pantai di sekitar kota, atau juga nginep di hotel atau vila.

Seru kan?

Kalian bisa pergi yang deket-deket aja, yang penting liburan, hehe (boldsky.com)

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan mulai dari pesta di kolam renang, maraton nonton film, pesan makanan dari luar, main permainan seru, atau juga pesta kostum. Simpel, hemat, tapi bermakna gengs.

Nah, staycation ini bisa jadi inspirasi untuk siapa aja yang pengin banget menghilangkan penat tapi cuma punya waktu singkat. Udah deh, tunggu apalagi sih, staycation aja yang simpel.

Yuk, yuk, yuk!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"