Mengenal Femisida, Kejahatan yang Dikaitkan dengan Film Vina: Sebelum 7 Hari

Mengenal Femisida, Kejahatan yang Dikaitkan dengan Film Vina: Sebelum 7 Hari

Penayangan film Vina: Sebelum 7 Hari di bioskop Indonesia memang menarik perhatian publik. Pasalnya, kisah yang diadaptasi dari kisah nyata ini dinilai menggambarkan tindakan femisida, yaitu pembunuhan terhadap perempuan yang dilatarbelakangi kebencian terhadap perempuan.

Kekerasan berbasis gender adalah isu global yang mempengaruhi jutaan perempuan setiap tahunnya. Salah satu bentuk paling ekstrem dari kekerasan ini adalah femisida. Artikel ini akan membahas pengertian femisida, perbedaannya dengan pembunuhan biasa, serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya femisida.

Pengertian Femisida

Femisida (via Parapuan)

Femisida adalah pembunuhan terhadap perempuan karena mereka adalah perempuan. Istilah ini berasal dari kata Latin "femina," yang berarti perempuan, dan "caedere," yang berarti membunuh. Femisida mencakup berbagai motif, termasuk kebencian terhadap perempuan, keinginan untuk mengontrol atau mendominasi mereka, dan pandangan misoginis.

Femisida sering kali terjadi dalam konteks kekerasan dalam rumah tangga, kejahatan kehormatan, dan konflik bersenjata, di mana perempuan menjadi target khusus karena gender mereka.

Perbedaan Femisida dengan Pembunuhan Biasa



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"