Mengenal Digital Decluttering dan Cara Melakukannya

Mengenal Digital Decluttering dan Cara Melakukannya

Konsep digital decluttering atau membersihkan kekacauan digital belakangan ini muncul karena banyaknya ‘sampah’ dalam perangkat digital yang kita gunakan. Tidak dapat dipungkiri, dalam era digital yang semakin maju ini, kita selalu dikelilingi oleh beragam perangkat elektronik dan platform online. Informasi, file, dan konten digital yang terus bertambah membuat kehidupan digital menjadi kacau dan membingungkan. Karena itulah, digital decluttering dianggap mampu membereskan kekacauan ini.

Digital decluttering sendiri adalah proses membersihkan dan menyederhanakan kehidupan digital kita dengan menghapus, menyusun, dan mengatur konten digital agar menjadi lebih teratur, efisien, dan produktif. Tujuan utama dari digital decluttering adalah untuk menghilangkan kebisingan digital yang tidak perlu, mengoptimalkan penggunaan perangkat dan aplikasi, serta meningkatkan fokus dan kualitas hidup yang lebih baik. Lalu bagaimana cara melakukan digital decluttering? Berikut informasinya:

1. Buat Rencana

Digital Decluttering (via Daniela Nina)

Mulailah dengan merencanakan langkah-langkah yang akan diambil. Tentukan tujuan digital decluttering dan buat jadwal untuk melakukannya.

2. Menyaring Konten Digital



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"