Mengapa Kuburan Sering Dianggap Seram Padahal Isinya Hanya Orang Meninggal? Ternyata Begini Penjelasannya

Mengapa Kuburan Sering Dianggap Seram Padahal Isinya Hanya Orang Meninggal? Ternyata Begini Penjelasannya

Dalam masyarakat Indonesia, mitos dan sugesti masih banyak memberikan pengaruh hingga membuat kita menganggap sesuatu merupakan hal yang mengerikan. Sebut saja kuburan. Hal ini kerap dianggap banyak orang adalah tempat horor alias angker lantaran berisi orang mati hingga makhluk gaib.

Nah, hal itulah yang membuat sebagian dari kita terkadang bertanya-tanya. Kenapa ya, manusia seakan takut atau menganggap kuburan sebagai tempat menyeramkan? Padahal, isinya kan cuma jasad orang yang telah meninggal alias bukan makhluk hidup yang sangat berbahaya yang bisa menghalalkan segala cara, eh..

Dikutip dari berbagai sumber, ternyata ini penjelasannya mengapa hal itu terjadi.

Ilustrasi Pemakaman (Pikiran Rakyat)

- Sugesti

Nggak bisa dipungkiri kalau hal-hal yang tidak masuk akal hingga dianggap berbahaya atau menyeramkan merupakan sebuah sugesti. Pengaruh pandangan orang lain atau orang tua yang mengingatkan anak-anak mereka terhadap suatu hal yang wajib dilakukan adalah salah satu penyebabnya. Misalnya memotong kuku di malam hari bisa mendatangkan makhluk gaib.

Terkadang, meski belum mengetahui pasti kebenarannya, sebuah hal atau peristiwa kerap dikaitkan secara berlebihan. Hal itulah yang kemudian dianggap menjadi pengaruh banyak orang hingga menilai kuburan merupakan tempat menyeramkan.

- Media

Media merupakan salah satu penyebab mengapa banyak orang terpengaruh terhadap sebuah hal. Apalagi, tayangan film hingga cerita rakyat yang dimuat di media sosial dan cetak dianggap membuat orang menilai sesuatu secara berlebihan hingga menimbulkan rasa takut.

Nggak cuma itu, menambahi mitos-mitos yang belum diketahui pasti kebenarannya hingga akhirnya membuat opini dipaksa menjadi fakta. Hal itulah yang menyebabkan dan mengganggu pemikiran seseorang terhadap sesuatu hingga mitos itu saat ini menjadi sebuah fakta yang dibuat-buat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"