Mengapa Komodo Hanya Ada di Pulau Komodo? Inilah Jawaban Ilmiahnya

Mengapa Komodo Hanya Ada di Pulau Komodo? Inilah Jawaban Ilmiahnya

Mengapa komodo hanya ada di Pulau Komodo? Komodo emang seperti kadal, tapi dia adalah kadal raksasa terbesar di dunia. Komodo bisa menyerang hewan-hewan yang mendekat dan dijadikan santapan. Termasuk juga manusia.

Komodo sendiri hanya bisa ditemukan di Pulau Komodo. Persisnya di sebuah pulau di barat Pulau Flores. Gak ada di mana pun kecuali di pulau itu aja.

Terus, mengapa komodo hanya ada di Pulau Komodo? Tenang gengs, ada jawaban ilmiahnya kok. Soalnya hal ini juga pernah diteliti banyak ilmuwan yang penasaran kenapa kadal raksasa ini cuma tinggal di pulau itu.

Mengapa komodo hanya ada di Pulau Komodo? Gak ada tuh di tempat lain (kompas.com)

Ternyata alasannya simpel juga sih. Mengapa komodo hanya ada di Pulau Komodo ya karena mereka adalah hewan yang malas. Para komodo bukannya gak mau tinggal di Afrika atau Australia yang tampaknya cocok buat kehidupan mereka ya. Tapi ya karena mereka gak mau pindah aja dari pulau itu.

Jawaban ini didukung oleh penemuan sekelompok ahli yang telah mengamati komodo di empat pulau di Indonesia. Penelitian itu berlangsung sekitar satu dekade gengs.

Para ahli mengungkapkan kalo komoda gak pernah meninggalkan tanah kelahirannya sepanjang hidup mereka. Ibarat manusia, mereka tuh "anak rumahan".

Padahal, kalo para komodo mau menempuh ribuan mil dari tanah kelahirannya, mereka bisa membuat pemukiman baru. Mereka bisa tinggal di tempat yang lebih nyaman di daerah lain. Tapi mereka gak merasa hal itu perlu dilakukan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"