Mengapa Air Zam Zam Tak Pernah Kering? Ini Penjelasannya

Mengapa Air Zam Zam Tak Pernah Kering? Ini Penjelasannya

Seperti yang kita tahu, air zam zam merupakan sumber air dari sebuah sumur yang sudah beribu-ribu tahun tak pernah mengering. Keberadaannya pun sangat suci bagi umat Islam.

Air zam zam memiliki kandungan yang berbeda dari air mineral pada umumnya. Banyak peneliti yang mencari tau apa saja manfaat dari air zam zam itu sendiri.

Menurut umat Islam, air zam zam bersifat suci dan mampu menghilangkan haus sekaligus sebagai obat dari berbagai penyakit. Sumber air ini berlokasi di daerah Mekah.

Ilustrasi air zam zam di Mekah (via toyib travel)

Menurut Egypt Today, African Research Institute Abbas Sharaqi, sebagai profesor geologi menjelaskan kalo air zam zam ini muncul sekitar 4000 tahun lalu. Sedangkan sumurnya berada di sebelah timur Ka'bah atau 21 meter di halaman Masjid Al-Haram.

Dari pertama kali ditemukan, sumur zam zam tak pernah mengering. Sharaqi menjelaskan bila reservoir terhubung ke air tanah terbarukan sehingga tak akan pernah kering kecuali dalam kondisi tertentu.

Menurutnya lagi, sumber air zam zam ini datang dari endapan hujan di Mekah. Ada endapan sungai dengan kedalaman 14 meter yang disebabkan air  hujan di pegunungan lalu jatuh ke dataran rendah dan berubah menjadi endapan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"