Mencari Inspirasi? Begini Alasan Setiap Orang Membutuhkannya agar Hidup Tetap 'Menyala'

Mencari Inspirasi? Begini Alasan Setiap Orang Membutuhkannya agar Hidup Tetap 'Menyala'

Inspirasi merupakan satu hal yang berarti dalam kehidupan manusia. Manusia mencipta dan berinovasi pasti membutuhkan inspirasi. Inspirasi bisa dianggap sebagai pemantik untuk menggapai tujuan tertentu dalam hidup seseorang. 

Umpamanya begini, sebuah motor diisi bahan bakar hingga penuh. Lalu dipakai berkendara mengelilingi seluruh penjuru kota. Dalam kecepatan tertentu dan jarak tertentu, bahan bakar tersebut akan habis. Maka, perumpamaan ini bisa digunakan untuk menjelaskan peran inspirasi dalam menjalani hidup yang bertujuan. Seseorang membutuhkan mengisi bahan bakar untuk tetap bisa berjalan. Seseorang juga membutuhkan inspirasi untuk tetap 'menyala' dan menerangi setiap capaian dalam hidupnya. Kamu sedang mencari inspirasi saat ini? Adakah 5 alasan di bawah ini yang menjadi alasanmu dalam mencari inspirasi.

1. Inspirasi menjadi tonggak dasar sebelum melangkah

Sebelum melangkah mengejar pencapaian tertentu dalam hidup. Seseorang membutuhkan inspirasi. Bahkan sebelum merencanakan langkah awal, setiap orang membutuhkan sesuatu yang bisa menuntunnya dalam memilih langkah. 

Inspirasi (stack.com)

2. Mencari inspirasi artinya memperkaya pengetahuan

Seseorang yang mencari inspirasi pasti ingin memperkaya pengetahuannya mengenai suatu hal. Kekayaan pengetahuan bisa menambah referensi dalam mencapai tujuan. Artinya, setiap orang yang mencari inspirasi pada saat yang bersamaan sedang merasa tidak cukup dengan apa yang telah diketahuinya. Orientasi dalam mencari inspirasi adalah masa depan. Lebih jauh, seseorang ingin mencapai target yagn lebih tinggi dari kemarin atau bahkan dari sekarang. 

3. Beranjak dari zona nyaman

Meskipun inspirasi seringkali didapat dari suasana yang tenang dan nyaman, tetapi seseorang yang mencari inspirasi ingin beranjak dari zona nyaman. Ketika sebuah pencapaian sudah direngkuh, maka seseorang ingin merengkuh pencapaian lain yang lebih tinggi. Ini berarti bahwa setiap orang tidak ingin berdiam diri hanya pada satu pencapaian saja. 

4. Mencari inspirasi didorong dari hasrat yang tinggi

Hasrat dalam mencapai sesuatu bisa diibaratkan mesin pada motor. Inspirasi sendiri merupakan bahan bakar dari motor tersebut. Kedua hal ini, inspirasi dan hasrat berkolaborasi untuk menempuh jarak hingga sampai pada tujuan. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"