Menakjubkan! Ternyata Mesir Kuno Udah Maju Sejak Dulu Ya...

Menakjubkan! Ternyata Mesir Kuno Udah Maju Sejak Dulu Ya...

Bangsa Mesir kuno dipercaya sebagai bangsa yang memiliki peradaban yang maju kala itu. Banyak penemuan-penemuan nyeleneh yang dimulai dari Negeri Firaun ini. Baru-baru ini juga ditemukan lagi beberapa fakta bahwa jauh sebelum Masehi, mereka juga sudah menemukan beberapa penemuan loh, apa saja ya kira-kira? Simak lah kuy....

1. Bahasa Tulisan

1. Bahasa Tulisan Hieroglif dipercaya ilmuan sebagai bahasa tulisan pertama (tun.com)

Jauh sebelum masehi, orang dahulu sering sekali menceritakan segala kisah melalui sebuah gambar. Dari gambar itulah yang sering ditemukan para arkeolog dan peneliti di dinding-dinding gua. Ternyata orang Mesir justru udah memulai bahasa tulisan itu duluan.

Bentuk dari awal bahasa tersebut adalah pictogram, yaitu simbol-simbol untuk kata yang ingin mereka ungkapkan. Mungkin karena terasa sulit untuk menggambar beberapa kata-katanya, maka lambat laun orang-orang Mesir jaman itu mengembangkan dalam bentuk abjad kuno yang dikenal dengan Hieroglif.

2. Kalender

2. Kalender Kalender mesir kuno sangat rumit namun ini memang digunakan tuk menentukan musim pada saat itu (viajejet.com)

Sebenarnya udah dari dulu kalender ini ditemukan. Sedari dulu, bangsa Mesir kuno menggunakan sistem penanggalan untuk menentukan musim. 

Yaitu musim penggenangan ketika volume air Sungai Nil membanjiri lahan pertanian, musim pertumbuhan tanaman, dan musim panen. Kalender tersebut telah membantu masyarakat Mesir kuno untuk mengatur waktu di bidang pertanian.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"