Menabung di Bank Sampah untuk Membayar Pelayanan Kesehatan

Menabung di Bank Sampah untuk Membayar Pelayanan Kesehatan

Kesehatan dan sampah selalu memiliki hubungan yang erat. Lingkungan yang bebas permasalahan sampah dapat meningkatkan kualitas kesehatan penghuninya. Maka dari itu banyak cara yang sudah ditempuh masyarakat untuk mewujudkan hal ini.

Di Desa Kukareja, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, bahkan hubungan ini semakin ditingkatkan. Masyarakat sekitar sekarang bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan sampah yang mereka kumpulkan.

Caranya adalah melalui program bank sampah yang telah berjalan. Nasabah Bank Sampah Mulia Asri di desa tersebut bisa mengganti biaya pengobatan menggunakan tabungan sampah. Bank sampah ini telah bekerjasama dengan bidan desa sebagai jasa penyedia layanan kesehatan.

Cara ini tergolong unik karena mampu menangani dua permasalah sekaligus yang masih terkait. Pertama, lingkungan di desa tersebut bisa terjaga kebersihannya dari sampah. Kedua, akses masyarakat ke layanan kesehatan akan semakin terbuka.

Pemangku kepentingan terkait masalah sampah setempat mengaku tidak hanya mengkomodasi layanan kesehatan menggunakan bank sampah. Nantinya pelayanan lain seperti pendidikan, tagihan listrik, air, dan lainnya dapat diakses melalui bank sampah.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"