Memiliki Nilai Tinggi, Ini Bahaya Emas yang Perlu Diwaspadai

Memiliki Nilai Tinggi, Ini Bahaya Emas yang Perlu Diwaspadai

Tahukah kamu bahwa ada bahaya emas yang mengintai di balik kemwahan dan kemegahannya? Memang, logam mulia ini sering dianggap sebagai simbol kekayaan dan keindahan. Banyak orang yang menggunakannya sebagai perhiasan atau investasi. Bahkan beberapa budaya menjadikan emas sebagai lambang sekaligus standard kemakmuran seseorang.

Sebenarnya memakai perhiasan emas umumnya tidak berbahaya, tetapi ada beberapa situasi di mana penggunaan perhiasan emas dapat menimbulkan risiko atau masalah. Misalnya pada laki-laki, menggunakan aksesoris dan perhiasan berbahan emas dipercaya menyebabkan gangguan kesehatan tertentu.

Karenanya, sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan emas sebagai perhiasan atau investasi, sebaiknya pertimbangkan beberapa risiko yang mungkin muncul. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa aspek bahaya menggunakan emas dan memberikan wawasan yang relevan untuk mendukung pandangan ini.

1. Alergi dan Gangguan Kesehatan

Bahaya Emas (via Asshidiq Aqiqah)

Salah satu bahaya utama menggunakan emas adalah reaksi alergi yang dapat terjadi pada beberapa orang. Emas murni sangat jarang digunakan dalam perhiasan karena kelembutan dan kekurangan kekuatan strukturalnya. Sebagai gantinya, perhiasan emas sering kali terbuat dari paduan emas yang mengandung logam lain seperti nikel atau tembaga.

Beberapa orang memiliki kepekaan terhadap logam-logam ini dan dapat mengalami reaksi alergi saat menggunakan perhiasan emas. Gejalanya dapat berupa gatal-gatal, kemerahan, ruam, atau bahkan pembengkakan pada area yang terkena.

Selain itu, beberapa penelitian juga mengungkap bahwa penggunaan perhiasan berbahan emas bisa berbahaya untuk kaum laki-laki karena senyawanya mungkin saja masuk ke dalam tubuh melalui kulit. Kadar aurum dalam tubuh pria bisa mengendap dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, misalnya menurunkan kinerja testis atau menurunkan kualitas sperma.

2. Pencurian dan Kekhawatiran Keamanan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"