McDonald's Genap Berusia 64 Tahun, Gimana Sih Kisah Awalnya Sampai Sesukses Sekarang?

McDonald's Genap Berusia 64 Tahun, Gimana Sih Kisah Awalnya Sampai Sesukses Sekarang?

Hari Minggu, 15 Mei 1955 silam, menjadi hari yang paling dicatat dalam revolusi makanan cepat saji. Di hari dan tanggal itu, restoran cepat saji McDonald's resmi beroperasi di distrik Des Plaines, pinggiran kota Chicago, Amerika Serikat.

Restoran waralaba McDonald's itu dioperasikan oleh Ray Kroc, seorang penjual mesin susu kocok, atau milkshake. Restoran itu menawarkan beberapa menu sederhana, seperti hamburger, cheese burger, kentang goreng, dan beberapa jenis minuman dengan harga yang amat terjangkau.

McD sukses berkat orang ini gengs, Raymond A. Kroc (theatlantic.com)

Sebenernya, itu bukanlah gerai pertama restoran McD di dunia. Resto itu dihidupkan kembali dari cikal bakalnya yang pernah dibuat oleh Maurice dan Richard McDonald's tahun 1940 di San Bernardino, California.

Resto itu awalnya dinamai McDonald's Bar-BQ. Resto itu segera menarik perhatian Kroc dan mengubah ambisi paroki bersaudara tadi menjadi kisah sukses yang kemudian mendunia.

Kisah sukses restoran McDonald's berawal dari rasa penasaran Kroc soal kenapa McDonald's membutuhkan delapan unit mesin milkshake yang dijualnya. Padahal dalam waktu bersamaan, dia kesulitan menawarkan produk itu ke berbagai tempat.

Tadinya, restoran itu punya McDonald bersaudara ini di California (reddit.com)

Berbekal rasa penasarannya, Kroc berkunjung ke San Bernardino untuk melihat langsung operasional McDonald's. Di sana, pria berusia 52 tahun itu merasa takjub dengan cara pendistribusian makanan di dalam restoran McDonald's. Buat Raymond A. Kroc, itu amat efektif.

Sistem itu diberi nama 'Speedee' yang menjadikan proses penyiapan bahan baku, memasak, dan pengemasan berjalan kurang dari 10 menit aja.

Kroc merasa bahwa Speedee ini bisa menjadi standar operasional restoran yang efisien di masa depan. Akhirnya dia pun merayu McDonald bersaudara untuk memperluas usahanya melalui sistem waralaba nasional.

Tapi Ray Kroc nggak kehabisan akal, doi tetep usahak! (scroll.in)

McDonald bersaudara awalnya enggan atas tawaran Kroc itu. Mereka lebih memilih untuk mempertahankan popularitasnya di tingkat lokal ajah. Tapi Kroc nggak kehabisan akal, dia menawarkan untuk mengelola sistem waralaba di seluruh AS.

Kecuali, di cabang-cabang yang didirikan McDonald bersaudara itu di California dan Arizona.

Kakak beradik itu juga ditawarkan imbalan satu persen dari penjualan kotor seluruh waralaba yang dikendalikan oleh Kroc.

Setelah resto pertamanya di Des Plaines tadi, Kroc kemudian mendirikan perusahaan yang hingga kini dikenal sebagai McDonald's Corporation. Kroc pun menawarkan waralaba ke seluruh Amerika Serikat.

Ini dia restoran McDonald's pertama di bawah kendali Ray Kroc (dailyherald.com)

Sajian makanan lezat, murah, cepat yang konsisten ini membuat pamor McDonald's berkembang lebih pesat. Dalam delapan tahun, 1958, Kroc sudah mengendalikan 34 cabang. Setahun setelahnya malah meningkat drastis, jadi 102 restoran.

Kesuksesan Kroc ini di antaranya berasal dari aturan ketat yang ditetapkannya. Setiap burger yang dijual di seluruh gerai McD harus memiliki komposisi dan rasa yang konsisten. Pokoknya begitu terus dari tahun ke tahun di mana pun di dunia ini.

Dari dulu mah burger McD nyaris nggak berubah, konsisten banget deh (organicauthority.com)

Untuk itu, dia pun menetapkan aturan ketat untuk seluruh pemegang waralaba dalam mengatur ukuran porsi, metode memasak, dan pengemasan. Beberapa aturan di antaranya mengatakan bahwa kentang goreng harus tepat selebar 0,28 inci, dan 10 roti harus dibuat dari setiap pon daging sapi.

Waralaba yang dikelola Kroc ini amatlah sukses. McDonald bersaudara akhirnya terpaksa melego saham penuh restoran yang dibangunnya itu seharga 2,7 juta dollar AS, setara Rp38,9 miliar, pada tahun 1961. Harga itu amatlah besar pada masa itu.

Konsistensi membuat McD tetap berjalan sampe sekarang (letslookagain.com)

Kemudian tahun 1963, McDonald's berhasil menjual satu juta hamburger. Setelahnya, Ronald pun diperkenalkan sebagai maskot restoran itu. Termasuk juga visual tapal emas berupa huruf 'M' sebagai logo yang masih bertahan hingga sekarang.

Nah, jadi usia McDonald's sekarang udah 64 tahun ya gengs. Udah cukup tua untuk restoran cepat saji dan tetap banyak digemari orang-orang. Kalian perlu tau juga tuh sejarah perkembangannya sampe seterkenal itu di dunia gengs.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"