Mau Menikah dengan Bule? Berikut Tantangan yang Harus Dihadapi

Mau Menikah dengan Bule? Berikut Tantangan yang Harus Dihadapi

Sarah Keihl adalah artis yang belum lama menikah  dengan bule bernama Kilian Potter. Memang Sarah menyiapkan pernikahan dengan cukup singkat. Menurut Sarah salah satu hal yang cukup berat ketika akan menikah dengan bule adalah mengurus dokumen-dokumen. Pernikahan sesama orang Indonesia saja banyak syarat, apalagi pernikahan dengan bule.

Lalu memang selain dokumen yang pasti cukup banyak, apa saja yang harus disiapkan orang Indonesia sebelum menikah dengan pria atau wanita bule. Mengutip dari detikhealth, Psikolog dari Universitas Indonesia, Bona Sardo,M.Psi mengatakan tantangan orang menikah dengan bule.

Tantangan pertama adalah menyesuaikan budaya. Orang Indonesia dan bule memiliki nilai-nilai budaya dan sosial berbeda. Alhasil pasangan beda negara harus menyesuaikan hal tersebut supaya tidak menimbulkan konflik dalam pernikahan. Makanya ketika masa pacaran dan proses pengenalan, keduanya harus belajar saling mengenal budaya masing-masing pasangan.

Menikah dengan Bule (iNews.ID)

Selain nilai dan budaya, menikah dengan bule juga harus menyiapkan diri untuk mendapatkan masalah terkait tempat tinggal. Setelah menikah tentunya suami istri akan tinggal bersama meskipun ada yang menjalani long distance relationship atau LDR.

Bagaimana jika salah satu tidak mau untuk tinggal di negara pasangannya. Misalnya orang Indonesia tidak mau tinggal di luar negeri atau sebaliknya. “Kalau bersedia, apakah bersedia juga melepaskan pekerjaan dari negara asal dan siap untuk mencari pekerjaan di negara yang baru,” kata Bona.

Ia juga menyebut tantangan lain muncul karena hal sederhana namun juga penting seperti makanan. Mungkin masing-masing memiliki makanan kesukaan, semisal makanan Indonesia dan makanan luar negeri atau western. Tentu apakah suami istri harus makan sesuai makanan kesukaan atau mulai dikenalkan dengan makanan asal pasangan. Komunikasi tentang pilihan makanan juga harus dilakukan sebelum menikah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"