Mau Atur Jam Tidur Saat Puasa? Kamu Harus Lakukan Beberapa Langkah Ini

Mau Atur Jam Tidur Saat Puasa? Kamu Harus Lakukan Beberapa Langkah Ini

Mengatur jam tidur saat puasa  penting dilakukan agar bisa menjalani ibadah puasa dengan lancar. Pasti nggak mau kan, saat puasa kita malah merasa ngantuk dan akhirnya memutuskan tidur seharian dari pagi sampai waktu buka puasa.

 Memang bagaimana sih cara mengatur jam tidur saat puasa? Dilansir dari Halodoc, beberapa langkah bisa dilakukan untuk bisa mengatur jam tidur saat puasa. Caranya gampang banget kok, dijamin puasa tidak akan terganggu oleh waktu tidur yang berlebihan.

1.    Tidur Setelah Sahur

Tidur setelah sahur menjadi rutinitas yang harus dilakukan. Biasanya jam sahur pukul 03.00 – 04.00. Setelah sahur dan salat subuh, silahkan tidur selama 1-2 jam. Waktu itu adalah pengganti dari jam tidur yang dipakai karena harus makan sahur. Saat bangun badan akan kembali segar.

Mau Atur Jam Tidur Saat Puasa, Kamu Harus Lakukan Beberapa Langkah Ini (Katadata)

2.    Tidur Lebih Awal di Malam Hari

Saat aktivitas pada di siang hari dan berpuasa, tentu tidak ada waktu untuk istirahat. Sebaiknya jika ngantuk melanda, lakukan tidur lebih awal di malam hari setelah salat Tarawih. Nanti selepas bangun, kamu akan siap makan sahur tanpa ada rasa kantuk yang melanda.

3.    Tidur Siang

Tidur siang di saat puasa sebenarnya boleh dilakukan selama tidak dilakukan sepanjang hari. Tidurlah dalam waktu singkat sekitar 30-60 menit untuk menyegarkan kembali tubuh. Usahakan jangan tidur terlalu lama karena bisa merasa haus saat bangun tidur.

4.    Olahraga Teratur

Olahraga teratur membuat jam tidur bisa diatur selama puasa. Lakukan olahraga ringan seperti jalan atau jogging di sore hari. Jika selepas olahraga merasa ngantuk, bisa tidur sebentar lalu bangun untuk melakukan buka puasa. Kondisi badan pun kembali segar.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"