Masyarakat Pada Zaman Dahulu Udah Mengenal Hal-Hal Modern Ini, Gokil!

Masyarakat Pada Zaman Dahulu Udah Mengenal Hal-Hal Modern Ini, Gokil!

Ternyata, masyarakat pada zaman dahulu udah mengenal hal-hal modern ini. Selama ini kan kita beranggapan bahwa zaman dulu ya pasti gak ada yang bisa dibanggain gitu. Teknologi ya ala kadarnya aja.

Sebaliknya, penemuan-penemuan modern yang kita bangga-banggakan sekarang justru udah dikenal lebih dulu oleh mereka. Mereka kan hidup di jaman kuno dulu ya, kok bisa ya?

Kali ini, kita bahas yuk hal-hal modern ini, sebagaimana dikutip dari Wonderlists.com. Jadi, masyarakat pada zaman dahulu udah mengenal hal-hal ini duluan lho gengs. Simak.

1. Metode sidik jari

1. Metode sidik jari Metode sidik jari udah digunakan jaman Dinasti Qing dulu (ancientpages.com)

Ternyata, sidik jari untuk identifikasi seseorang udah jadi praktik kuno lho gengs. Ini hal modern pada zaman dahulu yang kece banget. Sejak ribuan tahun lalu coba, bayangin!

Metode ini berkembang tahun 1900-an SM oleh masyarakat Babilon. Tujuannya adalah melindungi sesuatu dari pemalsuan. Metode ini kemudian bikin peradaban Tiongkok kuno tertarik. Tahun 246 SM, pejabat China menggunakan metode ini untuk menyegel dokumen.

Dokumen yang tersegel adalah dokumen hukum terkait jual-beli sutra dan kertas di sana. Pihak-pihak yang terlibat dalam penjual-belian itu dibuatkan cetakan sidik jari di dalam dokumennya. Kece~

2. Restoran cepat saji dan metode take-away

2. Restoran cepat saji dan metode take-away Kayak gini nih Thermopolium (ancientpages.com)

Restoran cepat saji kan gandrung banget tuh sekarang. Soalnya gercep, gerak cepet. Tapi ternyata, restoran cepat saji juga udah ada pada zaman dahulu kala gengs.

Hal ini dikenal sebagai Thermopolium di era Romawi kuno. Kerennya, Pompeii yang hancur disapu Vesuvius punya 120-an gerai makanan cepat saji lho gengs. Maju banget buat jaman kuno gitu.

Makanan cepat saji di jaman dulu juga bisa dibawa pulang, alias take-away. Metode ini memungkinkan pengunjung gerai makanan untuk membawa pulang makanan yang mereka pesan. Tapi ada drive-thru-nya gak ya? Perasaan pada jalan kaki semua jaman itu, paling mentok ya naik kuda. Hehehe.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"