Masih Tentang Kompol D, Segini Kekayaan Polisi yang Disebut Punya Mobil Mewah

Masih Tentang Kompol D, Segini Kekayaan Polisi yang Disebut Punya Mobil Mewah

Kompol D atau yang disebut bernama Dwi Yanuar Mukti masih jadi pembahasan setelah diduga memiliki mobil mewah salah satunya Audi A6 yang diprediksi seharga Rp 1 miliar. Publik pun bertanya-tanya tentang kekayaan Kompol D. Kenapa sebagai polisi dengan pangkat menengah bisa memiliki mobil mewah.

Melansir dari Kompas.com, Kompol D pernah melaporkan harta kekayaan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK pada tahun 2021. Mantan Kanit 2 Subdit 4 Ditreskrimum Polda Metro Jaya yang sekarang sudah dimutasi ke Pelayanan Markas atau Yanma, memiliki total kekayaan sekitar Rp 1,58 miliar.

Total kekayaan itu terdiri dari dua mobil mewah yakni Mercedes Benz CLA 200 tahun 2014 dengan harga Rp 450 juta dan Toyota Innova tahun 2015 dengan harga Rp 130 juta. Ia memiliki harta bergerak sebesar Rp 4 juta, kas dan setaras kas Rp 5 juta. Justru mobil Audi A6 yang menabrak mahasiswi di Cianjur, Jawa Barat tidak masuk dalam daftar kekayaannya.

Kekayaan Kompol D (Tribun)

Terkait mobil Audi A6 apakah masuk dalam kekayaan Kompol D soal kepemilikan memang masih jadi misteri. Kabarnya nama kepemilikan dalam surat mobil bukan atas nama Kompol D. Sementara wanita bernama Nur yang diduga istri muda Kompol D, mengaku mobil tersebut adalah milik Kompol D yang dipinjamkan kepadanya.

Sementara itu gaji Kompol D sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2019. Gaji pokok Kompol sekitar Rp 3.000.100 – Rp 4.930.000. Tapi polisi berpangkat Kompol tidak hanya mendapat gaji saja. 

Sebab seperti anggota polisi lainnya termasuk pejabat di kepolisian, selain mendapatkan gaji pokok mereka juga mendapatkan tambahan pemasukan, seperti tunjangan-tunjangan untuk anak, pangan dan beras, umum, serta jabatan struktural dan fungsional. Terkait tunjangan juga sudah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 103 Tahun 2018.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"