Manfaat Air Cucian Beras untuk Pertumbuhan Tanaman, Bisa Kamu Coba Nih Gengs...

Manfaat Air Cucian Beras untuk Pertumbuhan Tanaman, Bisa Kamu Coba Nih Gengs...
Air cucian beras dipercaya mampu mempersubur tumbuhan (Youtube.com

Air cucian beras seringkali terbuang sia-sia. Soalnya masih banyak yang belum tau khasiatnya. Biasanya setelah beras dicuci, airnya tinggal dibuang gitu aja. Padahal, air cucian beras bisa kamu manfaatkan buat menyuburkan tanaman loh.

Air cucian dari beras yang biasa kita olah tuk jadi nasi ternyata memiliki banyak senyawa yang cukup baik buat menyuburkan tanaman. Berikut manfaat air cucian beras untuk pertumbuhan tanaman, kamu bisa coba nih di rumah.


1. Menghambat Pertumbuhan Patogen

Di dalam air cucian beras terdapat bakteri baik bag tanaman seperti halnya, bakteri Pseudomonas fluorescens yang bertugas tuk memperbanyak akar pada tumbuhan sekaligus sintesis metabolit agar perkembangan patogen (penghambat pertumbuhan tanaman) dapat di cegah, sekaligus meningkatkan daya tahan tanaman.

2. Mengandung Zat Pati

Kandungan baik yang terdapat pada air cucian beras lainya adalah zat pati. Kandungan zat pati tersebut adalah bakteri baik dan mengandung vitamin dan mineral yang bersifat menyuburkan tanaman.

Maka dari itu air cucian beras bisa disebut dengan pupuk organik cair. karena kandungan zat pati yang mengandung karbohidrat sampai 90 persen. Kandungan zat pati dapat merangsang tanaman agar tumbuh dengan maksimal.

Air cucian beras akan memberikan energi pada tumbuhan (tes.com)

3. Sumber Energi Tumbuhan

Air cucian beras mengandung karbohidrat yang cukup bagi kebutuhan tanaman. Karbohidrat tersebut berfungsi menyimpan energi dalam bentuk pati seperti gula sederhana sebagai pemasok energi. Nantinya sumber energi ini akan diserap dengan bantuan sinar matahari melalui proses fotosintesis.

4. Mencegah Tanaman Layu

Air beras banyak mengandung zat yang berperan penting dalam membangun struktur seluler pada tumbuhan. Selulosa akan menghasilkan di sekitar dinding padat sel tumbuhan dan karbohidrat akan melepaskan bahan kimia yang membantu proses menguatkan struktur tanaman tersebut.

5. Mempercepat Pertumbuhan Bunga

Air beras juga dapat merangsang pertumbuhan bunga dengan cepat. Jadi bagi kamu yang suka dengan tanaman bunga, biar rajin berbunga sering-sering di siram dengan air cucian beras. Pasalnya kandungan fosfor dan nitrogen pada tanah ahirnya akan membuat percepatan rangsangan pertumbuhan bunga pada tumbuhan.

Pertumbuhan bunga dapat dipicu dengan air beras (begrafenissen-decock.be)

6. Membantu Proses Fotosintesa

Kandungan air cucian beras sangat baik tuk membantu tumbuhan berfotosintesis. Hal ini di sebabkan karena ketika karbohidrat pecah maka atom karbon akan dilepaskan sehingga bisa di urai dengan lebih mudah dalam bentukyag sederhana.

Wah, jadi sayang kan kalo buang air cucian beras. Yuk mulai besok dari pada mubazir lebih baik disiramin deh ke tanaman sekitar kita. Kan bagus kalau tumbuhan di sekitar jadi subur.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"