Manakah yang Lebih Enak Diajak Bergaul Orang Jepang Atau Orang Korea

Manakah yang Lebih Enak Diajak Bergaul Orang Jepang Atau Orang Korea

Pernah gak sih kebayang kira-kira orang Jepang atau Korea tuh mana ya yang lebih enak di ajak bergaul? Kalian tahu?

Pasalnya, dua negara ini emang banyak fansnya, Jepang dengan Animenya, dan Kore dengan K-pop dan Drakornya.

Nah, kali ini berdasarkan pengalaman seorang bernama Kevin Damara saat sedang pendidikan S1 di Tiongkok, Ia memiliki banyak teman dekat dari kedua negara tersebut. 

Menyamaratakan kepribadian setiap orang menurut saya adalah hal yang keliru, tetapi hal-hal menarik berikut yang saya dapatkan secara langsung saat berinteraksi dengan mereka.

Dari sudut pandang Kevin Damara

Dari sudut pandang Kevin Damara Korea dan Jepang(CNN Indonesia)

Katanya, Orang Jepang cenderung sangat sopan dan malu-malu, apalagi jika kalian belum terlalu akrab, jika mereka melakukan kesalahan sedikit saja, mereka akan membungkuk dan meminta maaf, membuat saya selalu merasa sungkan. Tidak hanya itu, bantuan sedikit saja yang kita berikan, pasti mereka akan berterimakasih sebanyak-banyaknya. 

Terkadang, saya merasa tidak dianggap sebagai teman jika mereka terlalu sering meminta maaf atau berterimakasih. Kebetulan sahabat saya, Suzuki pernah mengunjungi Yogyakarta, mungkin hal ini yang membuat kami lebih cepat akrab. Walaupun hanya Suzuki yang pernah berkunjung ke Indonesia, tetapi teman-teman Jepang lainnya juga sangat ramah, memang sulit untuk menghilangkan rasa sungkan di awal, tetapi setelah waktu berlalu, kami menjadi sangat dekat, dan mereka juga sangat baik. 

Saya pernah mendengar dari Suzuki kalau sesama orang Jepang ketemu, mereka justru jarang tegur sapa, Suzuki juga berkata bahwa hubungan antar sesama orang Jepang cenderung dingin. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"