Makanan Ini Aman Buat Kalian, tapi Bahaya untuk Kucing (Bagian 1)

Makanan Ini Aman Buat Kalian, tapi Bahaya untuk Kucing (Bagian 1)

Kalian punya kucing peliharaan di rumah? Selama ini, kalian kasih makanan apa sih ke mereka? Soalnya secara umum, kucing emang dikenal sebagai hewan lucu yang maunya makan ikan atau daging-dagingan doang.

Kalo kalian sibuk dan nggak mau ribet, kalian bisa ngasih mereka makanan kucing pabrikan. Entah dry food atau wet food. Tapi gimana kalo mereka masih gratakan di dapur atau ada yang sembarangan ngasih makan ke mereka?

Nah, makanan-makanan ini aman buat kalian, tapi malah bahaya loh kalo kalian berikan buat kucing. Seperti dikutip dari IDN Times, coba simak kuy makanan apa aja yang nggak boleh dikasih ke kucing.

1. Telur mentah

1. Telur mentah Telor, mentah atau matang, jangan dikasih ke kucing ya! (kittyclysm.com)

Kalo bisa, jangan sekali-kali kalian coba ngasih makan kucing kalian dengan telur mentah ya gengs. Sebab, telur mentah mengandung bakteri salmonela yang bisa memicu diare, muntah, hingga lesu.

Telur mentah juga mengandung enzim avidin yang bisa mengurangi penyerapan vitamin B secara alami dalam tubuh kucing. Itu disebut biotin. Dampaknya adalah menyebabkan masalah pada bulu atau kulit kucing kalian loh.

2. Alpukat

2. Alpukat Alpukat, makan sendiri aja lah ... (rd.com)

Buat kita, alpukat dijus atau diolah jadi minuman apa gitu ya enak-enak aja ya. Tapi buat kucing, ini bahaya! Kalo kucing kalian dikasih alpukat dalam jumlah banyak, mereka bisa muntah-muntah dan diare.

Apalagi kalo dikasih ke anak kucing, itu bisa lebih fatal loh. Organ pencernaan anak kucing kan masih rentan, dan alpukat bisa bikin mereka keracunan. Gejalanya mulai dari demam tinggi, sulit bernapas, sulit menelan, hingga detak jantung yang lebih cepat.

3. Cokelat

3. Cokelat Cokelat juga nih, jangan dikasih ke ke kucing, makan sendiri aja (kittyclysm.com)

Buat kalian pecinta kucing, kalian pasti tau deh kalo cokelat tuh berbahaya buat kucing kalian. Ini terjadi karena ada zat beracun dalam cokelat yang disebut theobromine.

Keracunan akibat cokelat bisa membuat kucing jadi tremor, kejang, dan kematian. Kalo kalian nggak mau itu terjadi, ya jangan dikasih cokelat. Mereka juga nggak ngambek kan kalo gak dikasih.

Kalian harus tau juga, semua jenis cokelat tuh berbahaya loh buat kucing. Mulai dari dark chocolate, white chocolate, hingga milk chocolate. Pahami ini baik-baik gengs.

4. Kacang-kacangan

4. Kacang-kacangan Kacang-kacangan juga jangan gengs, sayang ... (besthealthmag.ca)

Kacang-kacangan juga nih, bahaya buat kucing. Apalagi kacang kenari (almond) atau macademia. Efeknya beragam, mulai dari muntah-muntah, lumpuh, hingga kematian.

Dalam waktu 12 jam setelah makan kacang, kucing bakal ngacangin kalian. Maksudnya ... mereka akan menunjukkan tanda-tanda keracunan. Mereka akan muntah-muntah dan nggak mampu berdiri atau berjalan.

Mereka juga akan mengalami hipotermia, lemas, mengalami peningkatan denyut jantung, hingga gagal ginjal.

5. Ikan mentah

5. Ikan mentah Ikan mentah, mending digoreng dulu terus makan deh, hehe (youtube.com)

Kucing emang doyan ikan, tapi kalian jangan ngasih ikan yang mentah ya. Sebaiknya sih diolah dulu ikan mentahnya. Soalnya, ikan mentah mengandung bakteri yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada kucing.

Selain itu, ikan mentah bisa menghancurkan vitamin yang penting buat kucing, yaitu tiamin. Ketika vitamin itu hilang, masalah neurologis pada kucing akan timbul. Dampaknya, kucing akan kehilangan selera makannya, kejang-kejang, terus mati. Aduh, kasian kan tuh.

Gengs, makanan-makanan di atas baru sebagian. Masih ada beberapa makanan lagi yang nggak boleh kalian kasih ke kucing di bagian kedua. Simak juga ya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"