Makam Nabi Muhammad SAW Dilarang Dimasuki Wanita, Terungkap Alasannya

Makam Nabi Muhammad SAW Dilarang Dimasuki Wanita, Terungkap Alasannya

Makam Nabi Muhammad SAW  terletak di kompleks Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Setiap harinya makam tersebut selalu didatangi banyak umat Islam dari seluruh dunia yang hendak berdoa dan berziarah di tempat suci tersebut. Jemaah yang lakukan ibadah umrah dan haji pun tak pernah lupa menyempat waktu berziarah.

Baru-baru ini Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi melarang jamaah perempuan untuk mengunjungi makam Nabi Muhammad tersebut. Pihak Arab Saudi memberikan aturan yang cukup tegas.

Dalam peraturan tersebut hanya boleh kaum laki-laki yang datang ke zona makam Nabi Muhammad SAW yang berada di kawasan yang dikenal dengan nama Rhaudhah atau Taman Surga. Selama ini memang Rhaudhah terletak di zona salat bagi kaum lelaki. 

Makam Nabi Muhammad SAW (99.co)

Meskipun wanita dilarang untuk masuk ke dalam makam sakral itu, namun pihak Arab Saudi masih memberikan izin kepada wanita untuk beribadah mengunjungi Masjid Nabawi. Karena kondisi pandemi masih terjadi, membuat para jamaah pria yang ingin datang harus mendaftar lebih dulu melalui aplikasi dan menunggu selama 30 hari.

“Kami pastikan tidak ada batasan atau larangan untuk jamaah melaksanakan salat lima waktu di Masjid Nabawi, selain itu para jemaah juga harus menyertai sertifikat vaksin COVID-19 lengkap yang terlampir dalam aplikasi,” ujar salah satu perwakilan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi dilansir dari Gulf News.

Sekedar informasi bahwa makam Nabi Muhammad SAW dimakamkan di sebuah kamar yang dulunya ditempati sang istri, Aisyah. Di kamar itu Nabi Muhammad SAW sakit sampai meninggal dunia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"