Majalah Satir Charlie Hebdo Terbitkan Ulang Kartun Nabi Muhammad, Gambar Nabi dengan Surban Berbentuk Bom

Majalah Satir Charlie Hebdo Terbitkan Ulang Kartun Nabi Muhammad, Gambar Nabi dengan Surban Berbentuk Bom

Lima setengah tahun setelah insiden penembakan oleh teroris pada belasan orang dalam serangan terhadap kantor mingguan Prancis Charlie Hebdo, surat kabar satir ini mengumumkan kalau akan mencetak ulang kartun Nabi Muhammad.

Hal ini diumumkan pada pada hari Selasa (1/9/2020) waktu setempat. Dikutip dari Npr.org, sebuah editorial menemani kartun itu, yang dirilis hari Rabu.

"Kami tidak akan pernah menyerah," tulis direktur penerbitan Laurent "Riss" Sourisseau, yang terluka dalam serangan teroris 2015 lalu.

Charlie Hebdo terbitkan ulang kartun Nabi Muhammad (rebelnews.com)

Serangan terhadap kantor majalah Charlie Hebdo dan dua hari kemudian supermaket halal terjadi pada Januari 2015, memicu gelombang pembunuhan yang diklaim oleh kelompok bersenjata ISIS di seluruh Eropa.

"Kebencian yang melanda kami masih ada dan, sejak 2015, perlu waktu untuk bermutasi, mengubah penampilannya, untuk tidak diperhatikan dan diam-diam melanjutkan perang salib yang kejam," lanjut editorial itu.

"Satu-satunya alasan" untuk tidak mencetak ulang kartun, katanya, "berasal dari kepengecutan politik atau jurnalistik."

Beberapa kartun, salah satunya menggambarkan Muhammad mengenakan sorban berbentuk bom, pertama kali diterbitkan pada tahun 2005 oleh sebuah surat kabar Denmark dan kemudian dicetak ulang oleh Charlie Hebdo pada tahun berikutnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"