Main Gim Seru Dapat Bonus Belajar Sejarah, Cuma Ada di Sini Gengs

Main Gim Seru Dapat Bonus Belajar Sejarah, Cuma Ada di Sini Gengs

Kegiatan bermain gim bagaimanapun juga adalah kegiatan untuk mencari hiburan. Dengan memanfaatkan teknologi visual, audio, dan gameplay-nya, bermain gim bisa dibilang adalah hiburan dengan efektivitas tertinggi dewasa ini.

Bagi yang tidak terlalu dekat dengan dunia gim, mungkin kalian nggak mawas jika gim ternyata menawarkan lebih dari sekedar hiburan. Ada unsur edukasi atau pendidikan dari dalam gim. Contohnya adalah gim-gim yang tak hanya seru, tapi memberi pelajaran sejarah seperti di bawah ini.

1. Brothers In Arms: Hell’s Highway

1. Brothers In Arms: Hell’s Highway Gim seru yang juga memberi pelajaran sejarah (jualgamekaskus.blogspot.com)

Pemain sendiri berperan sebagai Staff Sargent Matt Baker yang memimpin regu bernama Baker Company. Elemen terbaik pada game ini datang dari fakta bahwa konfliknya tidak diedit sedemikian rupa agar lebih ‘bisa dimainkan’ dalam bentuk game. Faktanya, karakter pemain yaitu Matt Baker didasarkan pada veteran Perang Dunia 2 bernama Harrison C. Summers.

2. Company Of Heroes Series

2. Company Of Heroes Series Gim seru yang juga memberi pelajaran sejarah (lifewire.com)

Seri game ini, secara akurat mengajarkan pemain mengenai senjata dan taktik dari kedua sisi konflik Perang Dunia 2. Mode single-player campaign-nya bahkan memungkinkan pemain untuk ikut ambil bagian dalam beberapa pertempuran PD2 paling terkenal. Ini hampir sama seperti seri Total War namun lebih ke arah Perang Dunia.

3. Total War Series

3. Total War Series Gim seru yang juga memberi pelajaran sejarah (moddb.com)

Kombinasi antara manajemen berbasis giliran dan pertarungan taktis real-time menjadikan game simulasi historis ini sebagai salah satu nama besar di genre real time strategi (RTS). Seri game yang satu ini telah membawa pemainnya ke dalam banyak peristiwa sejarah. Mulai dari turunnya kekaisaran Romawi hingga Perang Napoleon, seri Total War telah meliput begitu banyak konflik terbesar umat manusia.

4. Red Dead Redemption 2

4. Red Dead Redemption 2 Gim seru yang juga memberi pelajaran sejarah (medcom.id)

Berlatar di tahun 1899, pemain memainkan karakter Arthur Morgan, salah seorang anggota geng Dutch Van der Linde yang kabur dari kejaran pihak berwenang setelah aksi perampokannya gagal. Sementara dunia pada RDR2 adalah fiktif, mudah untuk melihat bahwa banyak lokasi dan area pentingnya, yang didasarkan pada tempat di dunia nyata. Tidak hanya itu saja, RDR2 juga menyinggung tentang masalah seputar rasisme, hak pilih perempuan dan penyebaran peradaban, yang di akhir abad ke-18 benar-benar terjadi.

5. L.A Noire

5. L.A Noire Gim seru yang juga memberi pelajaran sejarah (medium.com)

Perhatian terhadap detail pada game ini benar-benar luar biasa. Peta kotanya sangat akurat dengan beberapa tempat populer atau landmark yang bisa dijelajahi. Selain itu, game ini juga mengambil banyak inspirasi dari kasus kriminal asli yang terjadi di tahun 40-an dan menggambarkan apa itu rasisme serta seksisme pada masanya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"