Lengkap! Penjelasan Terkait Arti Warna dan Posisi Miring Kanan Kiri Baret TNI

Lengkap! Penjelasan Terkait Arti Warna dan Posisi Miring Kanan Kiri Baret TNI

Setiap anggota TNI pasti memakai topi atau baret TNI  dengan warna yang berbeda-beda. Posisi baret TNI tersebut pun ada yang miring ke kanan dan kiri. Masing masing warna dan posisi miring memiliki arti tersendiri lho. Untuk posisi miring baret TNI biasanya menandakan tugas yang dimilikinya.

TNI dengan baret yang dikenakan miring ke kiri berarti anggota itu adalah pasukan yang bertugas sebagai pelindung keamanan dan penegakkan hukum. Baret ini biasanya digunakan anggota TNI yang berdinas di institusi Polisi Militer atau PM. Selain anggota TNI, Polisi juga memakai baret dengan posisi miring ke kiri.

Lalu bagaimana dengan baret dengan posisi miring ke kanan? Baret dengan posisi miring ke kanan adalah pasukan yang dipersiapkan untuk bertempur dalam medang perang. Baret yang miring ke kanan dikenakan oleh seluruh anggota TNI Angkatan Darat, Laut, dan Udara, kecuali anggota yang berdinas di PM.

Penjelasan Terkait Arti Warna dan Posisi Miring Kanan Kiri Baret TNI (Reqnews.com)

Sementara itu untuk warna dan lambang baret TNI juga diartikan berbeda-beda. Misalnya Baret Raider warna hijau dengan lambang Raider yang berarti pasukan itu cepat, senyap, dan tepat.  Baret Kostrad dengan warna hijau berlambang Cakra Sapta Agni. Baret Kopassus biasanya warna merah dengan lambang Tribhuana Chandrasa, dan Baret Infanteri biasanya pasuka dibawah organik Pussensif atau Kodam.

Ada juga baret warna hitam biasanya Baret Kavaleri dengan lambang Pussenkav. Baret Artileri Pertahanan Udara berwarna cokelat dengam lambang Pussenarhanud. Baret Artileri Medan warna cokelat dengan lambang Pussenarmed. Baret Zeni warna hijau dengan lambang Ditziad. Baret Perhubungan warna hijau dengan lambang Dithubad.

Juga ada Baret Polisi Militer warna biru dengan lambang pistol bersilang. Baret Pembekalan Angkutan warna biru tua dengan lambang Ditbekangad dan Baret Penerbang Angkatan Darat dengan warna merah dengan lambang kuda bersayap.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"