Legenda Kawah Sikidang Dieng yang Belum Banyak Orang Tahu

Legenda Kawah Sikidang Dieng yang Belum Banyak Orang Tahu

Meskipun banyak yang tak kenal namanya, namun Kawah Sikidang Dieng ini terkenal dengan fenomena kolam kawahnya yang bisa berpindah atau melompat dalam satu kawasan yang luas. 

(jejak kanzie)

Konon, ada seorang putri cantik bernama Shinto Dewi yang tinggal di istana megah di dataran Tinggi Dieng. Kecantikannya terkenal di mana-mana namun belum ada yang berhasil melamarnya karena ada banyak permintaan mas kawin yang tak masuk akal. 

Namun kemudian Shinto Dewi mendapatkan berita ada seorang pangeran kaya raya yang tampan, berwibawa dan menyanggupi berapapun besarnya mas kawin yang ia ajukan. Berkat hal itu, tanpa pikir panjang Shinto Dewi menyetujui hal tersebut.

Namun pada saat hari pernikahan tiba, Shinto Dewi sangat terkejut ternyata pangeran yang akan ia nikahi adalah pangeran Kidang Garungan yang berkepala kidang (kijang) atau rusa. 

Karena hal itulah ia berpikir keras bagaimana cara membatalkan pernikahan tersebut. Akhirnya ia meminta dibuatkan sebuah sumur dalam waktu semalam dimana Shinto meminta sumur itu dibuat sendiri oleh Pangeran Kidang Garungan. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"