Lebih Ngeri dari Pompeii ... 20 Ribuan Warga Kota Ini Lenyap dalam Semalam!

Lebih Ngeri dari Pompeii ... 20 Ribuan Warga Kota Ini Lenyap dalam Semalam!

Bencana alam berupa letusan gunung berapi pernah mengubur seisi kota Pompeii tahun 79 Masehi silam. Sekitar 2.000-an warga Pompeii tewas seketika akibat awan panas yang dimuntahkan Gunung Vesuvius.

Itu aja belom termasuk muntahan material berupa batu-batuan segede rumah. Apalagi di jaman itu kan belom ada teknologi untuk mendeteksi letusan gunung berapi. Pokoknya, Pompeii ditemukan dalam kondisi mengenaskan. 

Penduduk Pompeii pernah jadi korban keganasan letusan gunung berapi(thenational.ae)

Nyaris gak ada jejak, kecuali warga kota yang tampak tak bisa menyelamatkan diri dan berubah jadi batu. Total penduduk yang tewas diperkirakan mencapai 2.000-an orang akibat letusan Gunung Vesuvius itu.

Kemudian, lebih dari seribu tahun kemudian ... apa yang terjadi di Pompeii terulang kembali. Sebuah gunung berapi aktif meletus dan melenyapkan sebuah kota kecil yang terletak di Amerika Selatan.

Hampir 35 tahun yang lalu, sebuah gunung bernama Nevado del Ruiz meletus.

Dikutip dari History, letusan gunung berapi tahun 1985 itu sebenernya tergolong letusan ringan. Tapi dampaknya parah banget! Aliran lava yang bercampur lumpur langsung memenuhi puncak gunung dan mengalir ke daerah di sekitarnya.

Letusan Gunung Nevado del Ruiz tahun 1985 (macaudailytimes.com)



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"