Lakukan 7 Tips Ini agar Pekerjaan Freelancer Olshop Saat Kebanjiran Order Makin Ringan!

Lakukan 7 Tips Ini agar Pekerjaan Freelancer Olshop Saat Kebanjiran Order Makin Ringan!

Menjadi seorang freelancer online shop membuat kamu bisa melakukan banyak hal sendirian. Mulai dari menerima order, mencatatnya, memproses orderan, hingga menjawab berbagai pertanyaan dari pelanggan sehingga sebagai seorang freelancer pun kamu nggak cuma dituntut untuk punya keahlian yang bisa dibisniskan tapi juga harus bisa mengurus segala operasional. Jika orderan masih normal, mungkin masih bisa dijalankan secara normal pula. Namun jika orderan sudah mulai membanjir, maka perlu dilakukan antisipasi agar pelanggan pun akhirnya nggak kecewa. Untuk itu, kamu bisa lakukan beberapa hal berikut ini:

1. Buat Perencanaan Proses Kerja

Mungkin terdengar sedikit klise, tapi banyak juga yang melewatkan hal ini karena merasa cukup mengerjakan proses saja dan nggak perlu melakukan perencanaan. Padahal, dengan melakukan pencatatan rencana, kamu jadi tahu mana proses yang bisa digabungkan sekaligus, mana proses yang paling bisa diringkas, hingga mana proses yang sebenarnya bisa dihilangkan sehingga proses dengan klien bisa lebih efisien. Saat pekerjaan lebih efisien, maka hasil bisa lebih cepat, dan klien pun akan senang.

Online Shop Kebanjiran Order (Pinterest)

2. Mengatur Sistem Kotak Masuk

Mengatur kotak masuk entah itu di email atau DM social media kadang menjadi hal yang tak mudah. Begitu banyak pesan yang harus dibalas dan akan selalu ada lagi dan lagi. Jangan menjadi freelancer olshop yang kesal ketikanmelihat kotak masuknya sendiri. Ada solusi untuk masalah kotak masuk ini, kamu dapat memanfaatkan fitur bawaan Gmail (seperti label, folder, dan bintang) untuk mengaturnya atau menggunakan plugin Inbox untuk Gmail. Plugin Inbox adalah alat manajemen kotak masuk yang dibuat oleh tim Gmail sendiri. Plugin tersebut dapat membantu kamu mendapatkan fitur seperti:

a. Melihat lampiran tanpa membuka email.

b. Menggabungkan pesan-pesan serupa menjadi satu.

c. Memungkinkan kamu mengatur pengingat, dan masih banyak lagi.

3. Organisir File

Jika kamu berkomunikasi dengan klien secara online, sangat mungkin akan banyak file yang membanjiri gadget kamu. Dari mulai screenshot, foto request dari klien, hingga file kiriman lainnya. File-file itu bisa memenuhi gadget kamu. Di sisi lain, file itu pun tersimpan secara random sehingga kamu kesulitan untuk mencarinya saat membutuhkan. Untuk itu sangat penting mengorganisir file dengan membuat folder khusus dan mengurutkannya dengan kode file tertentu. Kemudian luangkan waktu 'bersih-bersih' file di gadget-mu setidaknya sebulan sekali untuk mempermudah pekerjaanmu juga nantinya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"