Kupas Tuntas 5 Karakter Generasi: dari Baby Boomers Sampai Generasi Alpha

Kupas Tuntas 5 Karakter Generasi: dari Baby Boomers Sampai Generasi Alpha

Menurut tahun lahirnya dari tahun 1946-2000an, generasi dibagi menjadi beberapa kelompok. Ada generasi Baby Boomers, X, Y, Z, dan Alpha.

Nah ternyata, tiap generasi ini punya karakter unik sendiri. Karakter itu dipengaruhi oleh berbagai faktor. Bisa dari lingkungan mereka, bisa dari perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Mau tahu karakter dari kelima generasi tersebut, dan tahun berapa yang termasuk di dalamnya?

Simak artikel ini sampai akhir ya!

1. Baby Boomers (lahir tahun 1946-1960)

Generasi Baby Boomers yang sudah berusia lanjut (naviri.org)

Generasi Baby Boomers bisa jadi adalah generasi kakek dan nenekmu. Mereka lahir di zaman yang masih belum modern dan lapangan pekerjaan pun masih sangan terbatas. Itu juga yang membuat mereka sangat kompetitif. 

Mengutip thebalancecareers.com, generasi Baby Boomers adalah generasi yang berorientasi pada pencapaian, karier, dan dedikasi. Mereka terkenal pekerja keras dan gila kerja. Itulah mengapa mereka sering mengritik generasi muda terutama yang memiliki etika kerja yang kurang.

Para Baby Boomers merupakan generasi yang berorientasi pada keluarga. Tujuan mereka bekerja keras adalah untuk membahagiakan keluarga.

2. Generasi X (lahir di tahun 1961-1980)

Nah, kalau ini mungkin generasi orangtua atau kakak-kakak kita. Orang-orang di generasi ini kerap merasa kesepian karena sering ditinggal ortu kerja. Ya maklum, ortunya kan sibuk cari duit dan berkarier.

Karena sering ditinggal orangtua bekerja, Generasi X merupakan generasi yang mandiri. Mereka berusaha mencari alternatif lain selain pekerjaan formal agar tidak terlalu sibuk. Tak heran jika banyak dari Generasi X yang memututuskan berwirausaha.

3. Generasi Y (Lahir di tahun 1981-1994)



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"