Kumpulan cerita legenda rakyat Papua yang masih banyak orang belum tahu, ternyata ada beragam loh.

Pastinya jarang banget kan mendengar cerita legenda rakyat Papua. Kali ini Paragram akan membahas beberapa cerita tentang Rakyat papua yang cukup beragam.

Beberapa ceritanya sangat menginspiratif dan asyik bila kalian ikuti, jadi kalian bakal punya pengalaman baru tentang kumpulan cerita legenda rakyat papua.

Kira-kira apa aja, yuk sama-sama kita simak beberapa ringkasan cerita legenda rakyat papua tersebut.

1. Asal Usul Irian

1. Asal Usul Irian Ilustrasi asal usul irian (koleksicerita2.blogspot.com)

Pada suatu hari di daerah Biak barat di kampung sopen ada seseorang yang bernama Mananamakrdi yang dibenci oleh masyarakat karena penyakit kudis, dan akhirnya ia di usir dari desa.

Singkat cerita ia tinggal di Pulau Miokbudi di biak timur dan ia membangun rumah dan tak lama setelah itu ia mengalami pencurian bahan makanan nya, ternyata setelah tertangkap ia adalah sosok peri dan akhirnya Mananamakrdi meminta Istri yang cantik dan penyakit kudisnya sembuh.

Dengan berbagai perjalanan , singkat cerita ternyata memang terbukti benar, ia memiliki istri dan sembuh, dan kabar baiknya ia memiliki seorang anak yang pada suatu hari menemukan daratan papua yang di teriaki Iriaan iriaan yang dikenal di bahasa biak yang berarti Panas, dan setelah itu pulau Papua disebut Irian.

2. Biwar Sang Penakluk Naga

2. Biwar Sang Penakluk Naga Ilustrasi Biwar melawan naga (cerita-daerah-nusantara.blogspot.com)

Kumpulan cerita legenda papua yang selanjutnya adalah cerita tentang seorang pemuda asal Papua yang berhasil mengalahkan Naga.

Gak cuma di eropa atau china aja lo legenda naga ada, di Papua juga ternyata ada.

Dikisahkan dahulukala ada seorang pemuda yang bernama Biwar dari Mimika Papua. Alkisah ia dikisahkan telah bertarung dengan naga di suatu gua di pedalaman Papua sana, yang konon telah membunuh Ayah dan pamanya.

Dan alhasil Naga berhasil Biwar tikam hingga kepalanya nyaris putus, lalu kemudian naga itu dipendam dengan bebatuan di dalam gua tersebut, ahirnya Biwar disambut oleh warga desa dengan meriah, dan ahirnya desa itu aman sentausa.



Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations