Komik Tiger Wong dan Komik Hong Kong yang Sempat Ngetop di Indonesia Tahun 90-an, Nostalgia Banget

Komik Tiger Wong dan Komik Hong Kong yang Sempat Ngetop di Indonesia Tahun 90-an, Nostalgia Banget

Pada tahun 90-an, Komik Hong Kong (Manhua) mulai bersinar di Indonesia semenjak Komik Tiger Wong masuk. Sejak saat itu banyak banget judul manhua yang bertebaran di Indonesia.

Terhitung ada puluhan genre, mulai dari silat, petualangan, horor sampai masuk ke dunia fantasi gengs.

Berikut merupakan komik Tiger Wong dan beberapa komik Hong Kong sejenis yang sempat hits di zamannya.

1. Komik Tiger Wong

1. Komik Tiger Wong Komik Tiger Wong (Tokopedia.com)

Manhua legenda karya Tony Wong ini sebenarnya mulai ditulis sejak tahun 70-an dengan judul Little Rascals (Siau Lau Man).

Mengalami perubahan berkali-kali dan penulisan ulang sehingga berganti nama menjadi Oriental Heroes (Long Hu Men). Karena saking populernya nih, komiknya sampai sekarang masih berlanjut loh gengs. Gila, sudah 40 tahun.

Komiknya mengisahkan tentang beberapa ahli beladiri yang melawan mafia dan organisasi kejahatan lainnya. Jagoannya bernama Tiger Wong (Wong Xiao Hu) dan kakaknya yang bernama Dragon Wong (Wong Xiao Long).

Sayang ... Saat komik ini beredar di negara kita sudah dimulai dari tengah-tengah, jadi banyak sejarahnya yang terputus. Tamatnya pun di tengah-tengah, karena penerbitan komik ini berhenti di tengah jalan. 

Komik ini juga sempat diangkat ke dalam film layar lebar dengan judul 'Dragon Tiger Gate' yang dibintangi Donny Yen dan Nicholas Tse. Waduh mantap betul.

2. Tapak Sakti (Budhhaís Palm)

2. Tapak Sakti (Budhhaís Palm) (bukalapak.com)

Komik ini sama-sama satu pencipta dengan Tiger wong yaitu Tony Wong. Meskipun komik ini adalah karya Tony Wong, sebenarnya komik ini mengambil cerita berdasarkan novel silat karya Gu Long (Khu Lung) berjudul Juedai Shuangjiao (Dua jagoan).

Kisahnya menceritakan tentang petualangan 2 orang saudara kembar yang terpisah dan sempat bermusuhan. Namun akhirnya mereka menyadari hubungan persaudaraan mereka.

3. Wind and Cloud (Awan dan Angin)

3. Wind and Cloud (Awan dan Angin) (Vine.com)

Komik ini satu era dengan Tiger Wong, hanya saja tak terlalu populer di Indonesia. Tapi film ini memiliki serial TV sendiri dan meraih cukup banyak penggemar.

Komik ini mengisahkan tentang 2 orang pemuda yang bernama Wind (angin) dan Cloud (Awan) yang diasuh oleh seorang pemimpin dunia persilatan.

Sang pemimpi percaya pada ramalan kalau hidupnya akan harum dan terkenal karena awan dan angin. Tetapi akan berantakan karena kedua hal itu juga.

Kisah dalam serial yang juga dikenal dengan nama The Storm Riders ini menceritakan sepak terjang Wind dan Cloud dalam melawan keganasan sang pemimpin yang pernah merawat mereka sejak kecil. 

Serial TV-nya dibintangi Peter Ho dan Vincent Zhao. Sedangkan film versi layar lebarnya dibintangi oleh Aaron Kwok dan Ekin Cheng.

Nah begitulah beberapa Komik pada era 90-an yang sempat hits. Mungkin sampai saat ini komik Tiger Wong dan lain-lain masih menyisakan kenangan pada generasi 90-an, iya gak?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"