Kita Telanjur Percaya dengan Mitos-Mitos tentang Sains Ini

Kita Telanjur Percaya dengan Mitos-Mitos tentang Sains Ini

Kita telanjur percaya dengan mitos-mitos tentang sains ini. Kita percaya karena seolah-olah ilmu pasti adalah jawaban paling final dari semua yang tak terungkap di dunia ini. Tapi terserah kalian ya gengs.

Padahal gak begitu lho. Ilmu pasti emang bisa menjawab segala kegelisahan kita tentang misteri dunia. Tapi sebenernya mereka juga "pasti" bisa keliru juga kan?

Ternyata kini ada banyak banget mitos soal ilmu pengetahuan atau sains yang dipercaya. Tapi yang sebenernya justru malah sebaliknya. Nah lho. Kalo gitu simak deh, soalnya kita telanjur percaya dengan mitos-mitos tentang sains ini.

Katanya, astrologi bisa prediksi masa depan?

Katanya, astrologi bisa prediksi masa depan? Astrologi (straight.com)

Kalo selama ini kalian percaya sama zodiak, coba pikir lagi deh. Sebab, para ilmuwan udah berkali-kali tuh melakukan pembuktian. Soal apa? Ya anggapan umum bahwa katanya zodiak bisa prediksi masa depan.

Kenyataannya, astrologi ternyata gak bisa memprediksi itu. Dan sebetulnya, astrologi gak lebih dari soal undian soal nasib aja sih.

Katanya, sinyal telepon disebar dari satelit?

Katanya, sinyal telepon disebar dari satelit? Satelit di luar angkasa (satellitetoday.com)

Ini adalah mitos tentang sains yang dipercaya banyak orang juga nih. Sebenernya, posel yang kita pakai setiap hari memancarkan sinyal radio nirkabel. 

Ponsel kita melakukan pencarian, ping, hingga relay data dari dan ke menara pemancar terdekat gengs. Jadi inget ya, bukan langsung dari satelit lho.

Katanya, warna matahari itu kuning ya?

Katanya, warna matahari itu kuning ya? Tuh, warnanya cahayanya putih kan? (polit.ru)

Dari jaman masih makan bangku sekolah dasar (SD), kita udah dikasi tau sama guru kita kalo Matahari tuh berwarna kuning. Bener gitu?

Nggak, kurang tepat. Matahari justru berwarna putih. Yang bikin warnanya putih adalah pembelokan efek cahaya yang disebut hamburan Rayleigh di atmosfer Bumi.

Karena itu, langit jadi berwarna biru. Matahari juga jadi berwarna kuning kemerah-merahan pas "tenggelam".

Katanya, Sahara adalah gurun terluas di dunia?

Katanya, Sahara adalah gurun terluas di dunia? Antartika tuh seluas itu gengs (cy.wikipedia.org)

Selama ini kita percaya kan tuh, kalo Gurun Sahara adalah gurun terluas di dunia. Kita juga bisa keliru tuh soal itu. 

Jadi sebenernya, gurun itu gak mesti kawasan luas tandus nan panas aja. Gurun juga bisa jadi sebutan bagi tempat yang tak berpenghuni.

Soal itu, Gurun Sahara punya luas wilayah hingga 3,6 juta mil persegi. Sementara Antartika di selatan Bumi punya luas hingga 5,4 juta mil persegi. Gimana?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"