Kisah Orang Terkaya di Korea Selatan yang Dipenjara dan Tak Bisa Menikmati Kekayaannya

Kisah Orang Terkaya di Korea Selatan yang Dipenjara dan Tak Bisa Menikmati Kekayaannya

Jay Y. Lee adalah pewaris perusahaan besar Samsung. Ayahnya, Lee Kun-hee, Ketua lama Samsung, memiliki kekayaan $ 20 miliar ketika dia meninggal pada Oktober 2020. Setelah kematiannya, kira-kira setengah dari $ 20 miliar itu akan segera dilahap oleh pajak kekayaan 50% Korea Selatan.

Sebagai anak tertua dan putra satu-satunya, Jay Y. Lee mewarisi $ 7 miliar dari sisa $ 10 miliar. Hari ini, kekayaan bersih $ 7 miliar itu menjadikan Jay Y. Lee orang terkaya di Korea Selatan. Sayangnya, dia tidak dapat menghabiskan uang itu sekarang. Mengapa? Karena Jay Lee sedang duduk di sel penjara. Dan ini bukan pertama kalinya.

Bagaimana orang terkaya di Korea Selatan bisa masuk penjara?

Ini adalah kisah yang rumit, yang melibatkan penyuapan, penggelapan, dan mantan Presiden Korea Selatan…

# Berbagai Permasalahan yang Dibuat Jay Lee

Jay Lee ketika ditangkap kerena berbagai kasus yang dilakukannya (qz.com)

Masalah Jay Lee dimulai pada 2015 ketika dia dituduh memberikan suap senilai $ 38 juta USD kepada mantan Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye, dan temannya Choi Soon-sil. Suap itu diduga ditawarkan sebagai imbalan atas bantuan pemerintah yang menguntungkan Samsung. Secara teknis, untuk memfasilitasi dugaan suap, Samsung menyumbangkan uang kepada dua badan amal yang dikendalikan oleh Choi Soon-sil. Perusahaan juga mentransfer jutaan ke perusahaan Jerman yang dikendalikan oleh Choi yang membiayai pelatihan berkuda putrinya dan pusat olahraga musim dingin keponakannya.

Dia ditangkap pada 16 Februari 2017, dan diinterogasi selama lebih dari 22 jam tentang penyuapan dan korupsi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"