Kisah Kakek 90 Tahun, Setengah Abad Jaga Makam Pahlawan Tanpa Bayaran

Kisah Kakek 90 Tahun, Setengah Abad Jaga Makam Pahlawan Tanpa Bayaran

Menjaga makam sering menjadi pekerjaan yang diremehkan dan gak dianggap. Padahal mereka berjasa banget loh. Gak banyak orang yang mau sehari-hari ada di makam. Bersihin makam dan menunjukkan makam untuk keluarga yang lama gak berkunjung. Atau orang yang nyari makam keluarganya.

Di makam pahlawan pun ada penjaga makam yang senantiasa merawat dan ngasih tahu para pengunjung. Di mana makam pahlawan yang ingin mereka kunjungi.

Salah satu penjaga makam yang udah bekerja selama setengah abad dalam hidupnya, bernama Kembang. Lahir tahun 1930, usianya kini udah 90 tahun, 50 tahunnya dia habiskan untuk menjaga makam.

Ilustrasi Taman Makam Pahlawan (pmjnews.com)

Kembang menjadi penjaga Taman Makam Pahlawan (TMP) Bahagia yang berada di Desa Gunung Petung, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Dia tetap ikhlas meski gak dapat bayaran.

DIkutip dari Pikiran-rakyat.com, awal mula Kembang menjaga makam itu karena permintaan seorang kyai. Hingga kini dia tetap teguh menjalankan amanah itu.

"Sejak tahun 1967 saya menjaga makam ini karena di suruh salah satu kyai. Sebab saat itu kyai itu sudah sakit dan mau meninggal. Sementara anaknya gak mau meneruskan," terangnya.

Kyai tersebut lantas langsung menemui kembang di rumahnya. Memintanya menjaga makam yang awalnya cuma ada seratus.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"