Kisah Gun Jack, Preman Sangar Berhati Baik yang Ternyata Anggota BIN, Gak Ada yang Nyangka!

Kisah Gun Jack, Preman Sangar Berhati Baik yang Ternyata Anggota BIN, Gak Ada yang Nyangka!

Gambaran kebanyakan orang soal preman pasti menakutkan dan galak. Mereka juga suka bikin onar, berkelahi dan malakin orang. Kalau ada mas-mas dengan tato dan tampang sangar, langsung di sangka preman.

Percaya gak sih gengs kalau ada preman yang baik hati? Tampang preman hati hello kitty? Gak cuma di dalam cerita sinetron aja nih. Di kota yang terkenal dengan gudegnya, ada preman yang hits banget.

Gun Jack preman berhati baik (bombastis.com)

Namanya Gun Jack gengs. Alih-alih ditakuti orang, preman satu ini malah banyak dikagumi. Bahkan dibilang punya hati malaikat. Kok bisa ya?

Gun Jack adalah preman yang berkuasa di Badran, Kecamatan Bumijo, Kota Yogyakarta. Gun Jack nama aslinya adalah Gunardi alias Agus Joko Lukito. Gun Jack punya usaha warung bakso, jadi selain terkenal jadi preman dia juga pebisnis gengs.

Dari penjual bakso jadi preman? Gini ceritanya...

Tahun 1987, Gun Jack direkrut oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menjadi Anggota Gerakan Pemuda Kakbah (GPK). Dari sini lah dia jadi preman gengs. Tapi emang dari muda Gun Jack ini udah berperilaku sangar kayak preman. Udah ada bakat sejak dini gitu.

Di daerah asalnya, Badran ada makam China. Nah Gun Jack muda menjadi penadah patung-patung curian dari kuburan Cina. Terus dia jual ke orang asing dengan harga yang tinggi.

Emang ya, selain bakat preman juga bakat bisnis emang.

Saat Gun Jack menguasai Badran, angka kriminalitas di kampung itu berkurang. Gun Jack menjadi pengatur kemananan. Kekuasaan Gun Jack mulai meluas di seluruh Kota Yogyakarta pada pertengahan 1990-an hingga awal abad 21.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"