Kisah Gadis 16 Tahun yang Nekat Masuk ISIS di Suriah dan Kabur ke Indonesia

Kisah Gadis 16 Tahun yang Nekat Masuk ISIS di Suriah dan Kabur ke Indonesia

Di era informasi dan teknologi seperti sekarang ini, kita harus pandai-pandai memilah dan terus kritis terhadap berbagai berita yang muncul di media. Baik media berita atau media sosial. Pasalnya, tak semua berita ditulis berdasarkan fakta, dan seringkali justru memprovokasi.

 

Oleh karena itu, penting sekali mensosialisasikan cara untuk selalu bersikap kritis ketika menerima informasi apa pun baik secara online maupun offline.

# Kisah Gadis Bernama Dhania yang Nekat Masuk ISIS

Kelompok ISIS di Suriah (liputan6.com)

Di Solo misalnya. Sosialisasi ini dilakukan dengan cara pemutaran film dokumenter di berbagai SMA di Solo. Dalam film berjudul "Seeking The Imam" karya Kreasi Prasasti Perdamaian (KPP), seorang tokoh bernama Dhania (24) menceritakan kisahnya yang 'terjebak' media sosial.

Hal itu membuatnya kemudian masuk ISIS di Suriah pada tahun 2015 hingga 2017. Kala itu, Dhania masih berusia 16 tahun, dan masih duduk di kelas 2 SMA di Kepulauan Riau.

“Saya nggak happy, apalagi ditambah tugas, kerjaannya gitu-gitu doang, belajar, belajar belajar. Ayah juga sibuk, iya sih nyari duit buat kita juga tapi kan harusnya ada waktu juga buat keluarga, buat anak-anak,” kata Dhania.

# Berawal dari Rasa Kecewa, Kesepian, dan Tak Bahagia



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"