Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi Di Hari Jumat dan Waktu Paling Tepat untuk Membacanya

Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi Di Hari Jumat dan Waktu Paling Tepat untuk Membacanya

Hari Jumat adalah hari yang istimewa bagi umat muslim. Di hari Jumat diwajibkan pergi Sholat Jumat dan ada amalan sunnah yang bisa dikerjakan. Salah satunya membaca Surat Al-Kahfi.

"Surat Al-Kahfi, khusus untuk hari Jumat atau pada malam Jumatnya. Rasulullah SAW bersabda bahwa siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat atau malam Jumat, maka Allah SWT akan memberikan cahaya kepada orang tersebut selama satu pekan," kata doktor lulusan Universitas Islam Madinah Arab Saudi dikutip dari Republika.com.

Membaca surat Al Kahfi di hari Jumat (urbandigital.com)

Hadits tersebut diriwayatkan Al-Hakim dan Al-Baihaqi, yang dishahihkan al-Albani dalam Shahih al-Jami'.

"(Surat Al-Kahfi itu) ada munasabah (hubungan) dengan peristiwa-peristiwa menjelang Hari Kiamat. Karena terkadang kita lupa dengan Hari Kiamat," jelas Pengasuh Pondok Pesantren Darul Qur'an Arjawinangun Cirebon itu.

Selain mendapatkan perlindungan, Surat Al-Kahfi juga merupakan pengingat bahwa dunia hanya sementara. Akan ada hari kiamat yang merupakan pintu gerbang bagi kehidupan yang kekal. Apakah manusia akan kelas di surga atau neraka bergantung kepada amalannya di dunia dan ridho Allah SWT.

Dalam ayat-ayat awal Surat Al-Kahfi, disampaikan segala sesuatu di Bumi ini hanya hiasan sebagai ujian bagi hamba-Nya untuk melakukan perbuatan yang terbaik. Manusia gak boleh hanya terikat pada dunia semata lupa akhirat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"