Keren! Masuk 20 Besar Militer Terkuat Dunia, Indonesia Kalahkan Israel, Korea Utara, dan Australia

Keren! Masuk 20 Besar Militer Terkuat Dunia, Indonesia Kalahkan Israel, Korea Utara, dan Australia

Indonesia telah banyak melahirkan tokoh dan nama-nama berpengaruh dengan latar belakang militer. Hal tersebut membuat Indonesia semakin dipandang dunia

Seiring berjalannya waktu, kekuatan militer Indonesia memang nggak diragukan lagi di dunia khususnya di Asia Tenggara.

Indonesia masih jadi yang unggul di antara negara ASEAN lainnya.

Bahkan di tahun ini, militer Indonesia masuk daftar militer terbaik dunia lho.

Militer Indonesia dilaporkan memiliki 400.000 personil militer aktif, dengan cadangan personil militer mencapai 400.000 personil.

Lalu untuk anggaran pertahanan Indonesia mencapai 7,6 miliar US Dollar.

Sementara untuk senjata, militer Indonesia tak kalah banyak.

Di sektor udara, Indonesia memiliki 41 pesawat tempur, 31 pesawat serangan khusus, 54 angkutan, 5 pesawat misi khusus, 177 helikopter, 16 pesawat serang helos, dan 109 pesawat latih.

Kemudian di sektor darat, angkatan bersenjata Indonesia dibekali 313 tank tempur, 1.178 kendaraan lapis baja, 153 artileri self-propelled, 366 artileri lapangan, dan 36 proyektor roket.

Lalu untuk kekuatan lautnya, militer Indonesia memiliki 5 kapal selam, 7 kapal fregat, 24 korvet, 156 patroli, dan 10 mine warfare.

Wah, hebat bener nih militer Indonesia. Nggak heran ya bisa masuk kelas terbaik dunia.

Ilustrasi Militer Indonesia (Media Indonesia)

Nah, seperti tahun-tahun sebelumnya, Global Firepower kembali merilis negara-negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia.

Siapa yang paling kuat di tahun 2021 ini? Di peringkat berapakah Indonesia berada?

Dalam sebuah laporan yang berjudul 2021 Military Strength Ranking, inilah 20 negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia tahun 2021.

Dilansir dari kontan.co.id pada Senin (18/1/2021), Amerika Serikat (AS) berada di peringat satu, dengan PowerIndex 0,0721.

Perlu kamu tahu, untuk menentukan skor PowerIndex suatu negara, Global Firepower menggunakan lebih dari 50 faktor, dengan kategori mulai dari kekuatan militer dan keuangan hingga kemampuan logistik dan geografi.

"Formula kami yang unik memungkinkan negara-negara yang lebih kecil, lebih berteknologi maju, untuk bersaing dengan yang lebih besar," kata Global Firepower dalam laman resminya.

Mengacu 2021 Military Strength Ranking, Indonesia berada di peringkat ke-16, dengan PowerIndex 0,2697. Di Asia, Indonesia di bawah China, India, Jepang, Korea Selatan, dan Pakistan.

Global Firepower merupakan situs berbasis statistik, yang melacak informasi terkait pertahanan dari 138 negara dari sumber-sumber yang sepenuhnya independen.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"