Kerajaan Pertama di Indonesia Sekaligus Paling Tua, Masih Jarang Banget Diketahui ....

Kerajaan Pertama di Indonesia Sekaligus Paling Tua, Masih Jarang Banget Diketahui ....

Kerajaan pertama di Indonesia sekaligus tertua, memang jarang diketahui banyak orang. Sebenarnya pada masa prasejarah, banyak umat manusia yang berkumpul dan membuat koloni, lalu membentuk suatu budaya hingga melahirkan peradaban.

Peradaban itu tak hanya di luar Indonesia, namun ternyata di Tanah Air kita juga telah terbangun sebuah peradaban. 

Asal-usul manusia Indonesia tak lepas dari masuknya ras mongoloid, negroid, weddoid sampai peradaban yang dibawa bangsa Gujarat hingga  menghasilkan sebuah bangsa bernama Melayu.

Mungkin memang tak banyak kerajaan di zaman dulu yang survive, hingga akhirnya kandas, tak berjejak. Namun berdasarkan hipotesa dan bukti otentik menyebutkan ada beberapa kerajaan di Indonesia yang berkembang dan ada di dalam buku-buku sejarah kita hari ini.

Yuk, kenali kerajaan pertama di Indonesia sekaligus tertua, biar bukan cuma kerajaan besar saja yang kita tau:

1. Kerajaan Kandis

1. Kerajaan Kandis Kerajaan Kendis (blog.elevenia.co.id)

Kerajaan Kandis diprediksi lahir sebelum 1 Masehi, perkiraan ini membuat kerajaan Kendis mendahului kerajaan Dharmasraya (Moloyou) di Sumatra Tengah.

Meskipun tak ditemukan bentuk fisik dari kerajaan ini, namun banyak tersebar cerita-cerita tentang kerajaan Kandis, khususnya bagi orang Jambi. Menurut perkiraan, kerajaan Kandis ini mirip apa yang dilontarkan oleh Plato di tahun 347, mengenai kerajaan yang sangat terkenal, yaitu Atlantis.

2. Kerajaan Purba dengan sosok Raja Bunu

2. Kerajaan Purba dengan sosok Raja Bunu Raja Bunu (kompasiana.com)

Ada yang baru pertama kali mendengar nama Raja Bunu? Raja Bunu diyakini adalah orang pertama yang menginjakkan kaki di Kalimantan. Beliau hadir pada zaman Neolitikum atau sekitar 10.000-5.000 tahun yang lalu.

Tak hanya sendiri menapaki Kalimantan, ia didampingi beberapa orang, ada pula beberapa orang dari Turki, Persia, India, lalu mereka membuat sistem pemerintahan.

3. Kerajaan Salakanagara (130-362M)

3. Kerajaan Salakanagara (130-362M) Salakanagara (kuwaluhan.com)

Kerajaan pertama di Indonesia dan paling tua berikutnya adalah kerajaan Salakanagara. Kerajaan ini berlokasi di Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Dalam naskah Wangsakerta Pustaka Rajyarajya i Bhumi Nusantara tercatat bahwa Salakanagara adalah kerajaan yang paling awal di Nusantara.

Pendiri kerajaan Salakanagara adalah seorang perantau dari Pallawa, Bharata bernama Dewawarman yang bergelar Prabu Darmolo.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"