Kepikiran Gak sih, Berapa Luas Sawah yang Diperlukan Untuk Menghasilkan Satu Piring Nasi?

Kepikiran Gak sih, Berapa Luas Sawah yang Diperlukan Untuk Menghasilkan Satu Piring Nasi?

Sebenernya ini seringkali dianggap remeh sama orang-orang dan bahkan sama sekali gak kepikiran. Tapi apa iya sih kalian ga bertanya-tanya?

Kira-kira abis berapa luas sawah untuk ngasilin sepiring nasi yang selalu kita abisin tiap hari sih? Kali ini kita wajib tahu nih karena dah terlanjur basah baca ini.

Luas sawah standar

Luas sawah standar Sawah (Satujam.com)

Sebenernya Bulog udah bikin standar loh, beras sebanyak 200 gram cukup untuk 3 piring nasi (itu ukuran standarnya ya gengs). 

Sementara 1 cup beras sendiri beratnya 200 gram. Jadi bisa di konversi sendiri berapa kira-kira kebutuhan kita yang bisa jadi berbeda dengan standar BULOG.

Bayangin aja deh, kalau per Satu (ha) sawah bisa menghasilkan antara 3-5 ton sampai 15 ton gabah. Kita ambil tengahnya yakni pakai 8 ton per ha. Dari 8 ton gabah, tentu harus di konversi menjadi beras. Standar yang digunakan adalah 64,02% berdasarkan survey BPS.

Perhitungannya begini

Perhitungannya begini Petani (ansornewsbolmut.blogspot.com)

Dilansir dari Bondula.com, ( 1 ha = 100 m x 100 m = 10.000 m persegi ) – ( 8 ton = 8.000 kg gabah => 5.120 kg beras atau per meter perseginya 0.512 kg atau 512 gram ) – ( apabila 200 gram untuk 3 piring, artinya per piring nasi 67 gram ) – ( 512 dibagi 67 = 7,68 piring artinya 1 meter persegi dibagi 7,68 = 0,13 meter persegi untuk satu piring nasi ) dengan siklus padi sekitar 140 hari.

Dengan asumsi makan 3 kali sehari, maka kebutuhan luas sawah sekitar 142,5 meter persegi untuk konsumsi perorang selama setahun, Karena siklus padi adalah 140 hari, maka luas sawah bisa dikonversi menjadi 54,69 meter persegi saja dengan asumsi mempunyai cadangan beras selama periode 140 hari. 

Kesimpulannya

Kesimpulannya Sawah (Republika.com)

Untuk kesimpulannya yaitu, bahwa sepiring nasi yang kita makan itu membutuhkan tanaga dari petani petani menggarap sawahnya sebesar 0,13 meter. 

Jadi perbanyak puasa ya gengs supaya petani kita tidak terlalu bekerja keras, hehee.

Jadi mulai sekarang kalian bakalan tahu kan gimana jerih payah para petani nanem padi buat bisa kalian makan sehari 3x. Jadi kalau dibuang-buang ya sayang banget.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"