Kenapa Tradisi Menghitung Weton Sebelum Menikah Dianggap Penting Bagi Orang Jawa?

Kenapa Tradisi Menghitung Weton Sebelum Menikah Dianggap Penting Bagi Orang Jawa?

Suku Jawa merupakan salah satu suku terbesar di Indonesia. Populasi suku ini tergolong yang paling banyak di Indonesia. Makanya banyak tradisi orang Jawa yang begitu melekat dengan kehidupan di Indonesia.

Suku Jawa juga telah lama melahirkan banyak pemimpin di negeri ini. Mulai dari presiden, pejabat negara, hingga berbagai profesi lainnya. Tradisinya pun mengakar kuat dan masih terjaga hingga sekarang.

Kenapa sih orang Jawa punya tradisi menghitung weton? (phinemo.com)

Salah satu tradisi penting orang Jawa yang masih berlaku dan dipercaya banyak orang Jawa dalam kehidupan mereka adalah menghitung weton. Tradisi menghitung weton juga dilakukan orang Jawa ketika anak-anaknya akan menikah.

Lantas, kenapa tradisi menghitung weton sebelum menikah dianggap penting bagi orang Jawa?

Menghitung weton bertujuan untuk mencocokkan hari dan tanggal kelahiran pasangan yang akan menikah. Penghitungan weton dilakukan untuk melihat kecocokan pasangan sebelum menikah dan membangun rumah tangga di masa depan.

Tradisi menghitung weton digunakan untuk melihat kecocokan dalam hubungan rumah tangga, anak-anak, dan masa depan dalam hubungan itu. Namun, sebagian orang Jawa pun mulai meninggalkan tradisi ini karena dianggap membuat pasangan muda kesulitan dalam menentukan jodoh.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"