Kenapa Sih Otak Manusia Bisa Sering Melupakan Sesuatu? Ini Dia Alasan-alasannya

Kenapa Sih Otak Manusia Bisa Sering Melupakan Sesuatu? Ini Dia Alasan-alasannya

Ada banyak sekali hal yang perlu kita ingat dalam setiap aktivitas sehari-hari. Tapi emang nggak semua hal bisa kita ingat dengan baik sih.

Emangnya enak ya kalo hidup kita diberkahi dengan ingatan yang tajam untuk mengingat segala hal sampai ke detail-detail tertentu? Mungkin enak, tapi lebih sering menyiksa tampaknya.

Di saat-saat tertentu, kita pasti butuh mengingat-ingat sesuatu, apalagi yang penting. Sayangnya, ada aja hal yang kita lupakan. Lupa emang manusiawi sih, tapi kenapa sih otak manusia bisa sering melupakan sesuatu?

Kenapa ya otak kita sering lupa? (regroup.us)

Seperti dikutip dari IDN Times, inilah alasan-alasan kenapa otak kita bisa sering melupakan sesuatu.

1. Lupa terjadi karena otak kita gagal memanggil ingatan yang tersimpan

Ingatan kita berisi informasi-informasi yang tersimpan dalam otak untuk diingat kembali. Informasi itu didapat dari kontak yang dilakukan oleh semua pancaindra kita.

Nah, lupa terjadi karena otak kita tampaknya gagal memanggil ingatan yang tersimpan tuh gengs. Itu wajar aja kok.

Otak kita mungkin gagal memanggil ingatan yang tersimpan (shutterstock.com)

2. Sebenarnya, otak hanya mengingat informasi penting atau yang berkesan doang

Gak semua informasi yang kita dapatkan bisa direkam dengan baik dalam otak dan menjadi memori. Yang paling penting yang bisa diingat dalam otak adalah hal-hal yang mendasar saja seperti bentuk dari sebuah benda.

Ingatan akan hal-hal mendasar itu disusun dari hasil kontak pancaindra kita tadi. Tapi, jarang di antara kita yang akan mengingatnya sampai mendetail.

Otak kita banyak mengingat yang penting-penting doang (livescience.com)

3. Informasi yang kita rekam akan tersimpan sebagai ingatan jangka pendek

Karena sehari-hari kita terpapar banyak informasi, semua informasi yang berkesan akan tersimpan dalam ingatan jangka pendek.

Sementara, jika ingatan-ingatan itu sering diulang-ulang, maka itu akan berubah menjadi memori jangka panjang. Sistem inilah yang sering digunakan dalam kegiatan belajar sehari-hari. Semakin sering kalian belajar, semakin lama pula informasi itu bertahan dalam otak.

Mungkin karena alasan psikologis tertentu sampe kalian bisa lupa (eharmony.com)

4. Lupa karena alasan psikologis

Lupa juga disebabkan karena seseorang mungkin jarang memanggil memori yang ada. Gitu kata Edward Thorndike dalam bukunya "The Psychology of Learning".

Lupa juga bisa terjadi karena ada memori lain yang lebih berkesan atau mungkin kita kekurangan petunjuk atas sesuatu. Itulah alasan kenapa kita bisa inget sesuatu setelah diberikan petunjuk.

Penyebab lupa lainnya adalah karena kejadian traumatis. Hal itu membuat kita nggak ingin lagi mengingatnya. Kita bakal bener-bener lupa kalo udah trauma akan sesuatu.

Duh, kelupaan apa sih neng? (happierhuman.com)

5. Lupa juga bisa disebabkan oleh masalah medis

Kalo kalian pernah liat di serial tv atau di film-film tentang hilang ingatan, itu terjadi karena gangguan atau kerusakan pada bagian hipokampus di otak. Ini terjadi karena seseorang mengalami kecelakaan atau pernah cedera serius di kepalanya.

Jadi itulah dia beberapa alasan kenapa otak kita sering melupakan sesuatu. Melupakan sesuatu itu sama pentingnya dengan mengingat-ingat juga kok. Bayangin aja kalo kita gak bisa melupakan kejadian nggak asik kayak diputusin, patah hati, dapet nilai jelek pas ujian, dan lain sebagainya. Gak enak tau.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"